@article{SNPPM87, author = {Anita Rakhmatulloh and Wido Tyas and Hadi Wahyono and S Sariffudin and Diah Kusumo Dewi}, title = {Penggunaan Sosial Media sebagai Pemasaran Produk Umkm Berbasis Rumah Kerajinan Eceng Gondok di Klaster Klinting Ambarawa}, journal = {Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat UNDIP 2020}, volume = {1}, number = {1}, year = {2020}, keywords = {}, abstract = {Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilatarbelakangi adanya perkembangan pelaku usaha kerajinan eceng gondok melalui klaster usaha untuk peningkatan pendapatan bagi rumah tangga. Perkembangan usaha pada decade ini harus dibarengi dengan penggunaan teknologi informasi salah satunya pada pemasaran produk UMKM tersebut. Eksplorasi penggunaan teknologi dan informasi dalam UMKM berbasis rumah tangga ini sangat diperlukan, karena berpotensi untuk meningkatkan volume penjualan dan memperluas pemasaran produk. Target kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah masyarakat pelaku UMKM Eceng Gondok di sekitar Rawapening Kecamatan Ambarawa, Kecamatan Banyubiru, Kecamatan Bawen, dan Kecamatan Tuntang umumnya, dan khususnya adalah anggota Klaster UMKM Klinting. Kegiatan ini dilakukan dengan metode pemberian materi dari narasumber yang dari tim laboratorium pengembangan kota Departemen Perencanaan Wilayah dan Kota Universitas Diponegoro. Luaran penelitian ini meliputi Dokumen Sosialisasi, Edukasi dan Pembuatan Akun Sosial Media untuk pemasaran produk eceng gondok}, url = {https://proceedings.undip.ac.id/index.php/semnasppm2019/article/view/87} }