@article{CoPAS36, author = {Masykurotur Putri and Amni Rahman}, title = {EFEKTIVITAS BRANDING PASAR SEMARANGAN DI WILAYAH TINJOMOYO DALAM UPAYA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN}, journal = {Conference on Public Administration and Society}, volume = {1}, number = {01}, year = {2019}, keywords = {}, abstract = {Salah satu sifat masalah publik adalah dinamis. Dinamika kebijakan untuk menghadapi masalah publik yang dinamis selalu terjadi, salah satunya terjadi di Hutan Wisata Tinjomoyo. Hutan wisata Tinjomoyo yang dulunya merupakan kebun binatang ini memiliki potensi yang besar untuk pariwisata. Maka dari itu, pemerintah berusaha mengembangkannya dengan meresmikan Pasar Semarangan di wilayah Hutan Wisata Tinjomoyo. Pasar Semarangan yang awalnya mampu meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikaan, lama kelamaan semakin sepi hingga akhirnya tidak aktif kembali. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui permasalahan dinamis apa yang sebenarnya terjadi dan kebijakan apa yang sebaiknya diterapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis menggunakan dynamic policy analysis. Sumber data diperoleh berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan audio - visual. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi kebijakan terbaik untuk permasalahan dinamis di Hutan Wisata Tinjomoyo adalah : (1) Pengoptimalan Pasar Semarangan dengan strategi pemasaran BAS, POS, dan POP. (2) Perbaikan kerjasama pemerintah dengan pihak swasta.}, url = {https://proceedings.undip.ac.id/index.php/copas/article/view/36} }