STRATEGI PENGUATAN DAN POTENSI PENGEMBANGAN KEPARIWISATAAN (STUDI EMPIRIS DI WILAYAH KOTA SALATIGA)

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-24
Published: 2019-11-22
Section: Articles
Language: IND
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui strategi penguatan dan potensi pengembangan kepariwisataan di wilayah Kota Salatiga, Jawa Tengah. Penelitian ini dilakukan di Kota Salatiga. Fokus penelitian ini meliputi tentang Pengembangan Potensi Pariwisata di Kota Salatiga. Jenis penelitian dalam penelitian ini kualitatif Penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif kualitatif adalah studi yang ditujukan untuk menggambarkan, meringkas berbagai kondisi, berbagai situasi atau fenomena realitas sosial yang ada di masyarakat yang menjadi objek penelitian dan berusaha untuk menarik realitas permukaan sebagai fitur, karakter, sifat, model, atau gambar dari kondisi tertentu, situasi atau fenomena. Dalam studi ini, data diperoleh melalui berbagai sumber. Sumber data dalam studi ini dapat dibedakan sebagai berikut: informan, peristiwa dan dokumen. Dalam studi ini, data dikumpulkan dengan beberapa metode yang disesuaikan dengan jenis, dan sifat data, yang meliputi pengamatan, wawancara dan studi perpustakaan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana (2014), dengan analisis melalui tahapan data kondensasi, presentasi data dan penarikan kesimpulan, sehingga diperoleh strategi pengembangan objek Pariwisata (Rangkuti, 2008). Strategi yang dapat dilakukan adalah komitmen pemerintah mengenai fokus pembangunan pariwisata daerah, meluncurkan konsep city branding sebagai ikon pariwisata yang khas, meningkatkan kemitraan dan hubungan antar lembaga dalam pengelolaan pariwisata, dukungan regulasi serta pengembangan Sumber Daya Manusia. Strategi tersebut dapat dikembangkan dalam rangka meningkatkan PAD (Pendapatan Asli Daerah) dari sektor budaya dan pariwisata di Kota Salatiga.

References

  1. Anonim. 1999. Ekowisata Harusnya Melestarikan Lingkungan, Intisari On The Net. www.indomedia.com
  2. Anonim. 1996. Aliansi-Ecotourism : Teman atau Lawan?Aliansi Media Bagi Persahabatan Indonesia-Kanada.
  3. Anonim. 2003. Proposal Workshop Wisata Petualangan dan Ekoturisme.
  4. Anonim. 2016. Kota Salatiga dalam Angka. Pemerintah Kota Salatiga.
  5. Potensi Pariwisata di Pantai Duta Kabupaten Probolinggo. Jurnal Ilmu Ekonomi, Vol 2 Jilid 1 : 95 – 103.
  6. Boedirachminarni, A. 2013. Pengembangan Ekowisata di Kabupaten Malang. Jurnal Ilmu Ekonomi FEB UMM.
  7. Damayanti, E. 2014. Strategi Capacity Building Pemerintah Desa dalam Pengembangan Potensi Ekowisata Berbasis Masyarakat Lokal (Studi di Kampoeng Ekowisata, Desa Bendosari, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang). Jurnal Administrasi Publik, Vol. 2, No. 3: 464-470.
  8. Dinas Pariwisata, 2018. Website Dinas Pariwisata Kota Salatiga: Rencana Strategis 2017-2021, Salatiga.
  9. Masrurah, Rina dan Nurhayati, Neni. 2016. Strategi Pengembangan Pariwisata dalam Rangka Peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Kuningan, SENIT 2016. ISBN: 978-602-74355-0-6, Universitas Kuningan.
  10. Miles, Huberman, Saldana. 2014. Qualitative Data Analysis. United State America: SAGE
  11. Pendit, N. S. 2012. Ilmu pariwisata: sebuah pengantar perdana: Pradnya Paramita.
  12. Rangkuti, F. 2008. Analisis, SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. PT. Gramedia Pustaka Utama. Jakarta,
  13. Suartini, N. N., dan M. S. Utama. 2013. Pengaruh Jumlah Kunjungan Wisatawan, Pajak Hiburan, Pajak Hotel dan Restoran Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Gianyar. E-Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.
  14. Yoeti, Oka, A,. 1996. Pengantar Ilmu Pariwisata. Bandung: Angkasa.

  1. Joko Pramono  Universitas Slamet Riyadi, Indonesia
  2. Dora Kusumastuti  Universitas Slamet Riyadi, Indonesia
  3. Achmad Choerudin  Akademi Teknologi AUB, Indonesia