BIMTEK PENYUSUNAN TES ONLINE BAGI GURU SD (PROGRAM PENGABDIAN PADA MASYARAKAT BIDANG PENDIDIKAN)

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-26
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: IN

Permasalahan mendasar  yang dialami guru-guru SD adalah kesulitan mengembangkan soal tes online. Kegiatan pelatihan berupa bimtek merupakan solusi alternatif dalam mengatasi permasalahan. Tujuan kegiatan bimtek ini untuk melatih keterampilan guru SD dalam mengembangkan soal tes online. Adapun secara khusus kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan konsep tentang bagaimana mengembangkan soal tes online, fungsi penilaian pembelajaran dan efektivitas serta efisiensi sebuah soal tes. Tujuan kegiatan: 1) melakukan analisis kebutuhan pentingnya bimtek penyusunan soal tes online bagi guru SD, 2) menginventarisir peralatan yang dibutuhkan dalam penyelenggaraan bimtek. Metode kegiatan: menggunakan model pelatihan in-on dengan tiga kali tatap muka. Pengembangan soal tes online dianalisis menggunakan analisis modern dengan pendekatan teori respon butir.

References

  1. Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Pemenuhan Yang baik Nasional Pendidikan Sebagai Prediktor Mutu Sekolah. Jakarta: p.8, 2017
  2. O Osnal & I, I. W Suhartoni, Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester Melalui Workshop Di KKG Gugus 02 Kecamatan Sumbermalang Tahun 2014/2015. Pancaran, vol.. 5(1), pp. 67–82, 2015
  3. Borualogo. Analisis Item Soal UTS Pedologi Semester Ganjil 2015-2016, Journal of Pshychological Research, vol 3(1) pp. 46–57, 2016
  4. (Hasanah, 2017:30).
  5. R. M. Lia & W. Isnaeni, Evaluation of Chemistry Learning Programs at Vocational High School Semarang on Vehicle Engineering Field. Proceeding Advances In Social Science and Humanities Research, 247(ISET), pp. 403–407, 2018
  6. M. Marimin, Upaya Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Tes Hasil Belajar Akhir Semester I Melalui Supervisi Akademik Pada Kelas V Dabin II Pattimura Kecamatan Jatiyoso Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, vol. 4 (1). 2017
  7. R.M. Lia, Pengembangan Butir Soal Kimia Berorientasi NGSS dan Analisisnya Menggunakan Model Rasch. Tesis. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 2019.
  8. A Rusilowati. Pengembangan Instrumen Penilaian. Semarang,: UNNES Press. 2014.
  9. S Arikunto, Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara, 2009.
  10. S Sulverius, Evaluasi Hasil Belajar dan Umpan Balik. Jakarta: PT Grasindo. 1991
  11. W.S. Widoyoko,, Penilaian Hasil Pembelajaran di Sekolah, Yigyakarta: Pustaka Pelajar, 2016.
  12. Z Ramdani,., , T. Supriyatin, &, S Susanti. Perumusan dan pengujian instrumen alat ukur kesabaran sebagai bentuk coping strategy. Jurnal Psikologi Islam Dan Budaya, vol 1(2), 97, 2018.
  13. , N Hayati & D. Mardapi, Pengembangan Butir Soal Matematika SD Di Kabupaten Lombok Timur Sebagai Upaya Dalam Pengadaan Bank Soal, Jurnal kependidikan, vol 44(1), 26-38, 2014.
  14. Mardapi, D. 2017. Pengukuran, Penilaian dan Evaluasi Pendidikan (2nd ed.). Yogyakarta : Parama Publishing.
  15. R.F.N Asiah,, P Siahaan, & A. Samsudin, Deskripsi Instrumen Tes Keterampilan Berpikir Kritis Materi Alat Optik. Prosiding Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains. Bandung. Indonesia, 2015.
  16. B Kartowagiran, Penulisan Butir Soal. Yogyakarta : UNY, 2012.
  17. F. Transelasi,, , N. Kamariah, &, F Chairunisa, Analisis Kemampuan Dan Motivasi Untuk Mendukung Kinerja Instruktur Nautika Balai Pendidikan Dan Pelatihan Ilmu Pelayaran (Bp2ip) Barombong. Dinamika

  1. Supriyadi Supriyadi  UNNES, Indonesia
  2. Suraji Suraji  SDN Banyubiru 05 Kabupaten Semarang, Indonesia
  3. Wiwi Isnaeni  PEP Pascasarjana Unnes, Indonesia
  4. Ani Rusilowati  PEP Pascasarjana Unnes, Indonesia
  5. Muhammad Khumaedi  PEP Pascasarjana Unnes, Indonesia
  6. Roudloh Muna Lia  SMK Ma'arif NU 1 Semarang, Indonesia