PENDEKATAN DOT, BAS, DAN POS DALAM BRANDING PARIWISATA PANTAI NYAMPLUNG KABUPATEN REMBANG

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-25
Published: 2019-11-22
Section: Articles
Language: IND
Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk memparkan suatu gagasan dalam upaya branding pariwisata Pantai Nyamplung, Desa Tritunggal, Kabupaten Rembang. Desa tersebut memiliki potensi alam berupa pantai yaitu Pantai Nyamplung yang memiliki hasil laut yang melimpah. Pantai Nyamplung memiliki ciri khas berupa pasirnya yang putih, air yang cukup jernih dan pohon cemara yang menjulang sepanjang garis pantai. Akan tetapi tidak ada regenerasi karang taruna dalam pengelolaan pantai. Selain potensi alamnya, desa Tritunggal memiliki UMKM yang sudah baik namun belum berkembang diakibatkan masih sulitnya memasarkan produk UMKM tersebut. Oleh karena itu diperlukan strategi yang tepat untuk mem-branding pantai dan UMKM tersebut. Salah satu cara yaitu menggunakan pendekatan DOT (destination, origin, dan time), BAS (branding, advertising, dan selling), serta POS (paid media, own media, dan social media) untuk menarik wisatawan dengan melakukan pemberdayaan dan pelatihan pemuda. Pengumpulan data dari penulisan ini dilakukan dengan observasi, sedang data yang diperoleh berupa data sekunder. Hasilnya adalah branding pariwisata berbasis teknologi merupakan strategi tepat dalam menarik wisatawan khususnya kaum milenial. Pemberdayaan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia, khususnya pemuda dalam penggunaan teknologi untuk memperkenalkan desanya melalui web, blog, dan sosial media. Selain itu, dampak pembangunan pariwisata juga diharapkan dapat meningkatkan pendapatan dan daya beli masyarakat serta menumbuhkan kesadaran pemuda desa untuk menetap dan mengembangkan potensi daerahnya.

References

  1. Alamsjah, M. Iqbal. 2016. “Paparan Kementerian Pariwisata RI.” Kidi Ke-6. Yogyakarta
  2. Arianti, Desi. 2016. Pengaruh Sektor Pariwisata Terhadap Perekonomian dan Keruangan Kota Bukittinggi (Pendekatan Analisis Input Output). Jurnal Pembangunan Wilayah Kota, Vol. 12 (4), Hal. 347 - 360
  3. Aryani, Sandra Woro, dkk. 2017. Analisis Dampak Pembangunan Pariwisata Pada Aspek Ekonomi dan Sosial Budaya Masyarakat (Studi Kasus Pada Desa Wisata Bejiharjo, Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, D.I.Yogyakarta). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 49 (2)
  4. Haryono, Sigit. 2018. “Strategi Pemasaran Wisata Bahari dengan Pendekatan Dot, Bas dan Pos.” Konferensi Nasional Kemaritiman Kementerian Bidang Kemaritiman RI
  5. Hulu, Yamulia dkk. 2018. Pengelolaan Dana Desa dalam Pemberdayaan Masyarakat Desa. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, Vol. 10 (1)
  6. Gestuti, Sri Sukarni. 2017. Marketing Mix Museum Gula Gondang Baru Klaten dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan. Journal Politeknik Indonusa Surakarta, Vol. 3 (2)
  7. Laksana, Praditiya Budi dkk. Strategi Pemasaran Pariwisata Kota Surakarta Melalui City Branding (Studi pada Dinas Pariwisata & Kebudayaan Kota Surakarta). Jurnal Administrasi Publik (JAP), Vol. 3 (1), Hal. 73-79
  8. Masruroh. 2018. “Analisis Branding Dalam Upaya Pengembangan Destinasi Wisata Religi Sunan Drajat.” Tesis Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel
  9. Meutia, Inten dan Liliana. 2017. Pengelolaan Keuangan Dana Desa. Jurnal Akuntansi Paradigma, Vol 8 (2)
  10. Peraturan Pemerintah Nomor 60 Tahun 2014 tentang Dana Desa
  11. Ratu, Cristina dan I Made Adikampana. 2016. Strategi Pemasaran Desa Wisata Blimbingsari Kabupaten Jembrana. Jurnal Destinasi Pariwisata, Vol. 4 (1)
  12. Suprihadi, dkk. 2016. Pemberdayaan UMKM Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi Kabupaten Kendal Menuju Pasar Global. Jurnal Informatika, Vol. 12, (1)
  13. Yuristiadhi, Ghifari dan Shintya Dewi Lupita Sari. 2017. Strategi Branding Pariwisata Indonesia Untuk Pemasaran Mancanegara. Journal of Communication, Vol. 2 (2)
  14. Wahid, Wahyu Nur. 2018. Strategi Pemasaran Pariwisata Melalui City Branding dalam Meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Lumajang. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, Vol. 6 (2)
  15. https://bisnis.tempo.co/read/1111894/di-jawa-tengah-dana-desa-tidak-terserap-optimal
  16. https://rembangkab.go.id/berita/rembang-terus-maksimalkan-penggunaan-dana-desa/
  17. https://travel.detik.com/travel-news/d-4500300/kemenpar-paparkan-9-strategi-pemasaran-wisata-ri-ke-media-filipina

  1. Nindya Khasna Annisa  Universitas Diponegoro, Indonesia
  2. Masyhurah Masyhurah  Universitas Diponegoro, Indonesia
  3. Sella Ninda Utami  Universitas Diponegoro, Indonesia
  4. Amni Zarkasyi Rahman  Universitas Diponegoro, Indonesia