EFEKTIVITAS BRANDING PASAR SEMARANGAN DI WILAYAH TINJOMOYO DALAM UPAYA PENINGKATAN JUMLAH KUNJUNGAN WISATAWAN

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-25
Published: 2019-11-22
Section: Articles
Language: IND
Salah satu sifat masalah publik adalah dinamis. Dinamika kebijakan untuk menghadapi masalah publik yang dinamis selalu terjadi, salah satunya terjadi di Hutan Wisata Tinjomoyo. Hutan wisata Tinjomoyo yang dulunya merupakan kebun binatang ini memiliki potensi yang besar untuk pariwisata. Maka dari itu, pemerintah berusaha mengembangkannya dengan meresmikan Pasar Semarangan di wilayah Hutan Wisata Tinjomoyo. Pasar Semarangan yang awalnya mampu meningkatkan jumlah pengunjung secara signifikaan, lama kelamaan semakin sepi hingga akhirnya tidak aktif kembali. Berdasarkan hal tersebut peneliti ingin mengetahui permasalahan dinamis apa yang sebenarnya terjadi dan kebijakan apa yang sebaiknya diterapkan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan metode analisis menggunakan dynamic policy analysis. Sumber data diperoleh berdasarkan hasil observasi, dokumentasi, dan audio - visual. Berdasarkan hasil penelitian, rekomendasi kebijakan terbaik untuk permasalahan dinamis di Hutan Wisata Tinjomoyo adalah : (1) Pengoptimalan Pasar Semarangan dengan strategi pemasaran BAS, POS, dan POP. (2) Perbaikan kerjasama pemerintah dengan pihak swasta.

References

  1. Amni, Z. R., & Diyah, N. (2018). Triple Helix in the Poverty Reduction Policy Based on Community Empowerment in Semarang City. Paper presented at the E3S Web of Conferences.
  2. Arifin, M. zainal. (2018). BLU Trans Semarang Sediakan Shuttle Bus Gratis Bagi Pengunjung Pasar Semarangan Tinjomoyo. Tribun Jateng. Retrieved from https://jateng.tribunnews.com/2018/03/14/blu-trans-semarang-sediakan-shuttle-bus-gratis-bagi-pengunjung-pasar-semarangan-tinjomoyo
  3. Aziz, N. (2016). Hubungan Kerjasama Pemerintah dengan Pihak Swasta dalam Pembangunan Infrastruktur di Indonesia. Retrieved from Pusat Penelitian Politik website: http://www.politik.lipi.go.id/kolom/kolom-1/politik-lokal/1107-hubungan-kerjasama-pemerintah-dengan-pihak-swasta-dalam-pembangunan-infrastruktur-di-indonesia
  4. Bintari, A., & Pandiangan, L. (2016). FORMULASI KEBIJAKAN PEMERINTAH TENTANG PEMBENTUKAN BADAN USAHA MILIK DAERAH (BUMD) PERSEROAN TERBATAS (PT) MASS RAPID TRANSIT (MRT) JAKARTA DI PROVINSI DKI JAKARTA. CosmoGov, 2, 220. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v2i2.10006
  5. Cahyadi, I. R. (2018). Genpi Jawa Tengah Luncurkan Pasar Semarangan. Beritasatu. Retrieved from https://www.beritasatu.com/nasional/483700/genpi-jawa-tengah-luncurkan-pasar-semarangan
  6. Christandra, C. (2019). PERSEPSI PENGUNJUNG SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN STRATEGI OBYEK WISATA HUTAN TINJOMOYO. UNIKA SOEGIJAPRANATA SEMARANG.
  7. Creswell, J. W. (2010). Research design pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
  8. Fajlin, E. Y. (2018). Kenapa Pasar Semarangan di Tinjomoyo Jadi Sepi Begini?
  9. Faza, H., & ARIANTI, F. (2018). ANALISIS PERMINTAAN OBJEK WISATA HUTAN TINJOMOYO KOTA SEMARANG. Fakultas Ekonomika dan Bisnis.
  10. Hidayat, M. (2011). Strategi Perencanaan Dan Pengembangan Objek Wisata (Studi Kasus Pantai Pangandaran Kabupaten Ciamis Jawa Barat). THE Journal: Tourism and Hospitality Essentials Journal, 1(1), 33–44.
  11. Indiahono, D. (2009). Kebijakan publik berbasis dynamic policy analisys. Yogyakarta: Gava Media.
  12. Mughis, A. (2018). Barasuara Bakal Ramaikan Festivaland di Hutan Wisata Tinjomoyo. Jatengtoday.Com. Retrieved from https://jatengtoday.com/barasuara-bakal-ramaikan-festivaland-di-hutan-wisata-tinjomoyo-14332
  13. Nihayah, D. M., Utomo, E. T., & Kusrini, E. (2017). Need Assessment Desa Wisata Menuju Ecotourism Studi Kasus: Kecamatan Gunungpati. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Dalam Pengembangan SmartCity, 1(1).
  14. Pandrianto, N., & Sukendro, G. G. (2018). Analisis Strategi Pesan Content Marketing Untuk Mempertahankan Brand Engagement. Jurnal Komunikasi, 10(2), 167-176.
  15. Purbaya, A. A. (2018). Menghidupkan Lagi Eks Kebun Binatang Tinjomoyo Semarang. Detiknews. Retrieved from https://news.detik.com/berita-jawa-tengah/d-3907486/menghidupkan-lagi-eks-kebun-binatang-tinjomoyo-semarang
  16. Semarang, P. K. (2016). Peraturan Walikota Semarang No. 122 Tahun 2016 tentang Pembentukan, Kedudukan, Susunan Organisasi, Tugas dan Fungsi, serta Tata Kerja Unit Pelaksana Teknis Dinas Tinjomoyo pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Semarang.
  17. Setiawan, D. (2018). Pasar Semarangan Tinjomoyo Akan Resmi Dibuka 7 April 2018, Ada Apa Saja di Sana? Tribun Jateng. Retrieved from https://jateng.tribunnews.com/2018/03/17/pasar-semarangan-tinjomoyo-akan-resmi-dibuka-7-april-2018-ada-apa-saja-di-sana
  18. Soeswoyo, D. M. (2016). Exploring the Readiness of Betawi Cultural Village as a Sustainable Cultural Tourism Destination in Jakarta. Asia Tourism Forum 2016-the 12th Biennial Conference of Hospitality and Tourism Industry in Asia. Atlantis Press.
  19. Solopos. (2018). Pemkot Semarang Serahkan Pengembangan Taman Lele Dan Tinjomoyo Ke Pengelola Cimory. Solopos. Retrieved from https://www.solopos.com/pemkot-semarang-serahkan-pengembangan-taman-lele-dan-tinjomoyo-ke-pengelola-cimory-908865
  20. Tejokusumo, B. (2014). Dinamika masyarakat sebagai sumber belajar ilmu pengetahuan sosial. Geo Edukasi, 3(1).
  21. Tribunwisata. (2018). Hutan Wisata Tinjomoyo, Misteri Keangkeran dan Pesona Alamnya. Tribunwisata. Retrieved from https://www.tribunwisata.com/2018/09/hutan-wisata-tinjomoyo-misteri-keangkeran-dan-pesona-alamnya.html

  1. Masykurotur Rizqi Putri  Universitas Diponegoro, Indonesia
  2. Amni Zarkasyi Rahman  Universitas Diponegoro, Indonesia