PENGARUH BAURAN PEMASARAN TERHADAP NIAT BERKUNJUNG (STUDI KASUS: PANTAI PASIR PUTIH KABUPATEN MANOKWARI)
Article Info
Submitted: 2019-11-24
Published: 2019-11-22
Section: Articles
Language: IND
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: pertama, mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap niat wisatawan untuk mengunjungi Pantai Pasir Putih secara simultan; yang kedua mengetahui pengaruh bauran pemasaran terhadap niat wisatawan untuk mengunjungi Pantai Pasir Putih secara parsial; dan menganalisis elemen bauran pemasaran paling dominan mempengaruhi niat kunjungan wisatawan pada objek wisata Pantai Pasir Putih. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tingkat penjelasan adalah penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anggota masyarakat dan masyarakat luar Kabupaten Manokwari. Metode pengambilan sampel yang menggunakan metode Non-Probabilty Sampling dengan teknik Purposive Sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 150 responden. Teknik analisis data yang digunakan analisis regresi linier berganda,namun sebelum data dianalisis data lebih lanjut terlebih dahulu dilakukan pengujian uji validitas dan uji reliabilitas dan analisis factor menggunakan confirmatory analysis factor. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil: pertama, variabel produk, harga, promosi, lokasi, orang, proses dan bukti fisik memiliki efek positif yang signifikan secara bersama-sama terhadap niat berkunjung; kedua, variabel produk, harga, lokasi, orang (pelayanan), proses tidak berpengaruh terhadap niat berkunjung, sedangkan variabel bukti fisik berpengaruh positif terhadap niat berkunjung. Berdasarkan hasil analisis faktor diperoleh hasil ada 6 faktor yang terbentuk.
References
- Areks, E., Nadjib, M., & Cangara, S. (2015). Pengaruh Penggunaan Bauran Promosi Terhadap Tingkat Kunjungan Wisatawan pada Objek Wisata Alam di Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. Jurnal Komunikasi KAREBA, 4(4), 360-373.
- Binter, U., Ferjan, M., & Neves, J. V. (2016). Marketing Mix and Tourism Destination Image: The Study of Destination Bled, Slovenia. Organizacija, 49(4), 209-223. doi:10.1515/orga-2016-0019
- Chew, E. Y. T., & Jahari, S. A. (2014). Destination image as a mediator between perceived risks and revisit intention: A case of post-disaster Japan. Tourism Management, 40, 382-393. doi:10.1016/j.tourman.2013.07.008
- Devy, H. A., & Soemanto, R. B. (2017). Pengembangan Obyek dan Daya Tarik Wisata Alam sebagai Daerah Tujuan Wisata di Kabupaten Karanganyar. Jurnal Sosiologi DILEMA, 32(1), 34-44.
- Dhiba, I. D. S., & Maduwinarti, A. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Minat Pengunjung Pada Obyek Wisata Museum Kesehatan Dr. Adhyatma, MPH Surabaya. Jurnal Ilmu Ekonomi & Manajemen, 1(1), 94 - 109.
- Esmaili, S., Rezaei, N., Abbasi, R., & Eskandari, S. (2017). The Impact of Marketing Mix on Perceived Value, Destination Image and Loyalty of Tourists (Case Study: Khalkhal City, Iran. Modern Applied Science, 11(11), 96-108. doi:10.5539/mas.v11n11p96
- Ferdinand, A. (2014). Metode Penelitian Manajemen : Pedoman Penelitian untuk Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi Ilmu Manajemen (Vol. 5). Semarang: Balai Penerbit UNDIP.
- Ghorbanzade, D., Mehrani, H., Rahehagh, A., & Villace, T. (2019). The effect of experience quality on behavioral intentions of domestic tourists in visiting water parks. Cogent Business & Management, 6(1). doi:10.1080/23311975.2019.1580843
- Ghozali, I. (2011a). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Ghozali, I. (2011b). Model Persamaan Struktural Konsep Aplikasi dengan Program AMOS 21.0. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
- Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2010). Multivariate Data Analysis (Vol. Edisi 7): Prentice Hall.
- Herdioko, J. (2017). Pengaruh Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Dalam Berbelanja Produk Kopi Secara Daring: Studi Kasus pada Situs Internet OTTEN COFFEE. Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis, 12(2), 129-136.
- Hurriyati, R. (2005). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung: CV Alfabeta.
- KEPARIWISATAAN, (2009).
- Juniardi, A., Haerani, S., & Munir, A. R. (2018). Pengaruh Strategi Bauran Pemasaran terhadap Kepuasan dan Loyalitas Pelanggan Hotel Novotel Makassar Grand Shayla City Centre. Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(4), 52-64.
- Kotler, P. (2003). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Indeks Kelompok Gramedia.
- Kotler, P., & Amstrong, G. (2007). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
- Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen Pemasaran (12 ed.). Jakarta: PT. Indeks.
- Laksana, F. (2008). Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Lumsdon, L. (1997). Tourism Marketing. London: International Thomson Business Press.
- Lupiyoadi, R. (2009). Manajemen Pemasaran Jasa (12 ed.). Jakarta: Salemba Empat.
- Middleton, W. D. (1989). Comprehensiue Facilities Management. San Fransisco: Jossey-Boss.
- Moon, H., & Han, H. (2018). Destination attributes influencing Chinese travelers' perceptions of experience quality and intentions for island tourism: A case of Jeju Island. Tourism Management Perspectives, 28, 71-82. doi:10.1016/j.tmp.2018.08.002
- Peter, P. J., & Olson, J. C. ( 2000). Consumer Behavior: Perilaku Konsumen
- dan Strategi Pemasaran (Terjemahan ed.). Jakarta: Erlangga.
- Sekaran, U. S., & Bougie, R. J. (2016). Research Methods For Business : A Skill Building Approach
- In.
- Sulaiman, Y., Yusr, M. M., & Ism, K. A. (2017). The Influence of Marketing Mix and Perceived Risk Factors on Online Purchase Intentions. International Journal of Research in Business Studies and Management, 4(9), 30-40.
- Suryawan, S., & Dharmayanti, D. (2013). Analisa Hubungan antara Experential Marketing, Customer Satisfaction dan Customer Loyalty Cafe Nona Manis Grand City Mall Surabaya. Jurnal manajemen Pemasaran, 1(2), 1-10.
- Swastha, B. (2003). Manajemen Pemasaran Modern (2 ed.). Yogyakarta: Liberty.
- Tjiptono, F. (2008). Pemasaran Strategik. Jakarta: Andi Offset.
- Tjiptono, F. (2011). Pemasaran Jasa. Malang: Bayu Media.
- Vellas, F., & Lionel, B. (2008). Pemasaran Pariwisata Internasional (1 ed.). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
- Wahab, S. (1997). Pemasaran Pariwisata. Jakarta: PT. Pradnya Paramita.
- Widayanti, R. (2013). Pengaruh Bauran Promosi Terhadap Kunjungan Wisatawan Domestik (Studi Kasus Di Taman Rekreasi Sengkaling Malang). Jurnal Dinamika Dotcom, 3(1), 1-17.
- Yulita, H. (2016). Pengaruh Bauran Pemasaran Pariwisata Terhadap Keputusan untuk Berkunjung. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 2 (2 ), 165-183.
- Zeithaml, V. A., Berry, L. L., & Parasuraman, A. (1988). Communcation And Control Processes In The Delivery Of Servi. Journal of Marketing, 52(2), 35.
- Zeithaml, V. A., & Bitner, M. J. (2000). Service Marketing (International Edition ed.). New York: McGraw Hill Inc.