TATAKELOLA DESTINASI WISATA GUNUNG DI GARUT BERDASARKAN SENTIMEN WARGANET

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-24
Published: 2019-11-22
Section: Articles
Language: IND
Secara topografi Kabupaten Garut didominasi oleh dataran tinggi dan pegunungan, Garut juga merupakan Kabupaten yang memiliki gunung terbanyak di Provinsi Jawa Barat, ini menunjukan bahwa gunung merupakan sebuah potensi besar yang dimiliki Kabupaten Garut dalam sektor pariwisata. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui opini warganet mengenai postingan foto Gunung pada akun @galerigarut_. Dengan analisis sentimen digunakan sebanyak 2178 komentar warganet melalui platform media sosial Instagram. Data yang dikumpulkan berasal reaksi warganet yang berupa komentar terhadap foto-foto Gunung pada akun Instagram @galerigarut_ dari Februari 2017 hingga Mei 2019. Berdasarkan hasil pembahasan dapat disimpulkan bahwa warganet di Instagram secara signifikan memberikan tanggapan positif terhadap postingan-postingan wisata Gunung di Garut, tanggapan positif berupa ajakan ke destinasi wisata, keinginan untuk berkunjung, pujian, kerinduan dan rasa takjub para warganet pada gunung-gunung yang ada di Garut menunjukan bahwa minat warganet pada wisata Gunung begitu tinggi. Untuk mengembangkan destinasi wisata maka diperlukan peran pemerintah sebagai aktor utama dalam memimpin Destination Management Organizations dimana selama ini pemerintah belum melihat gunung sebagai wisata yang potensial dan ikut terjun dalam pengelolaan destinasi wisata Gunung di Garut.

References

  1. Ainiah. (2018). Remaja Milenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Milenial . JPII Volume 2, 221-236.
  2. Alamanda, D. T., Ramdhani, A., Kania, I., & Hadi, E. S. (2019). Sentiment Analysis Using Text Mining of Indonesia Tourism Reviews via Social Media. GI Social Sciences Forum.
  3. Beritasatu. (2019, 6 16). Minat Kunjungan Wisatawan ke Gunung Papandayan Meningkat. Retrieved 10 21, 2019, from Berita Satu: https://www.beritasatu.com/gaya-hidup/559648/minat-kunjungan-wisatawan-ke-gunung-papandayan-meningkat
  4. Bimantara, A. A., Afiatar, L., Risondang, E. M., Naf'an, M. Z., & Nugraha, N. A. (2019). Sentiment Analysys of Cyberbullying on Instagram User Coments. Journal of Data Science and its Application, 86-96.
  5. Bornhors, T., Ritchie, J. B., & Sheehan, L. (2010). Determinants of tourism success for DMOs & destinations: An empirical. Tourism Managemen, 572-589.
  6. BPS. (2019, 9 2). Badan pusat Statitika. Retrieved from Jumlah kunjungan wisman ke Indonesia Juli 2019 mencapai 1,48 juta: file:///C:/Users/Vaio/Downloads/BRSbrsInd-20190902112403.pdf
  7. Detiknews. (2018, 3 12). Garut Rintis Wisata Paralayang dan Gantole. Retrieved 10 21, 2019, from Detik News: https://news.detik.com/berita-jawa-barat/d-3912148/garut-rintis-wisata-paralayang-dan-gantole
  8. Fatanti, M. N., & Suyadnya, W. (2015). Beyond User Gaze: How Instagram Creates Tourism Destination. 2nd Global Conference on Business and Social Science, 1089-1095.
  9. Fattah, M. A., Galal, D., Hassan , N., Elzanfaly, D. S., & Tallent, G. (2017). A Sentiment Analysis Tool for Determining the Promotional Success of Fashion Images in Instagram. International Journal of Interactive Mobile Technologies (iJIM), 66-73.
  10. Jabarsatu. (2015, 2 22). Gunung Cikuray, Samudera Diatas Awan. Retrieved 10 21, 2019, from Jabar Satu: https://www.jabarsatu.com/2015/02/22/gunung-cikuray-samudera-diatas-awan/
  11. Junaid, I. (2015). Model Implementasi Destination Management Organization (DMO) di Makasar, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Kepariwisataan, Volume 09, No. 02 , 29-47.
  12. Kasumaningrum, Y. (2019, Juli 1). Kunjungan Wisatawan Asing ke Jawa Barat Meningkat, Negara Asalnya Semakin Beragam. Retrieved from https://www.pikiran-rakyat.com: https://www.pikiran-rakyat.com/bandung-raya/2019/07/01/kunjungan-wisatawan-asing-ke-jawa-barat-meningkat-negara-asalnya-semakin-beragam
  13. Kemenpar. (2019). Siaran Pers : Wonderful Noon Diharapkan Jadi Ajang Sinergi Seluruh Unsur Pentahelix. Retrieved 10 15, 2019, from kemenpar.go.id: http://www.kemenpar.go.id/post/siaran-pers-wonderful-noon-diharapkan-jadi-ajang-sinergi-seluruh-unsur-pentahelix
  14. Kominfo. (2019, 4 7). Pentingnya Teknologi dalam Sektor Pariwisata. Retrieved 10 15, 2019, from Kementrian Komunikasi dan Informasi RI.
  15. Lipi. (2011, 5 18). Paradigma Baru Tata Kelola Destinasi. Retrieved 10 12, 2019, from lipi.go.id: http://lipi.go.id/berita/paradigma-baru-tata-kelola-destinasi/6288
  16. Mill, R. C. (2010). Tourism the International Business. Published.
  17. Morrison, A. M. (2019). Destination management and destination marketing: The platform for excellence in tourism destinations.
  18. Murdyastuti, A., Suji, & Yuniati, S. (2018). Strategi Kebijakan Pengembangan Kawasan Wisata Using (Studi di desa Kemiren kecamatan Glagah kabupaten Banyuwangi) . Jurnal Strategi dan Bisnis Vol.6, No. 1 , 85-96.
  19. Pendaki, I. (2017, Januari 26). 364 Total Gunung di Jawa Barat Lengkap. Retrieved 10 24, 2019, from Forum Pendaki: http://infopendaki.com/364-total-gunung-di-jawa-barat-lengkap/
  20. PikiranRakyat. (2019, 6 18). Aksi Pemalakan Terhadap Pendaki Gunung Guntur Masih Terjadi. Retrieved 10 21, 2019, from Pikiran Rakyat: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2019/06/18/aksi-pemalakan-terhadap-pendaki-gunung-guntur-masih-terjadi
  21. Pozzi, F. A., Fersini, E., Messina, E., & Liu , B. (2017). Sentiment Analisis in Social Network . Cambridge: Todd Green. Retrieved from https://books.google.co.id/books?id=aS2lCgAAQBAJ&pg=PA1&hl=id&source=gbs_toc_r&cad=4#v=onepage&q&f=false
  22. Prihatiningsih, W. (2017). Motif Penggunaan Media Sosial Instagram di Kalangan Remaja. Jurnal Communication, 51-65.
  23. Rizkinaswara, L. (2019, April 7). Pentingnya Teknologi dalam Sektor Pariwisata. Retrieved from Kementrian Komunikasi dan Informatika RI: https://aptika.kominfo.go.id/2019/04/pentingnya-teknologi-dalam-sektor-pariwisata/
  24. Shuqair, S., & Cragg, P. (2017). THE IMMEDIATE IMPACT OF INSTAGRAM POSTS ON CHANGING THE. Asia Pacific Institute of Advanced Research (APIAR) , 1-12.
  25. Terttunen, A. (2017, 5 11). The influence of Instagram on consumers’ travel planning and destination choice. Retrieved from @theseus: https://www.theseus.fi/bitstream/handle/10024/129932/Terttunen_Anna.pdf?sequence=1
  26. Warmayana, I. G. (2018). Pemanfaatan Digital Marketing dalam Promosi Pariwisata. JURNAL PARIWISATA BUDAYA VOLUME 3, 81-92.
  27. Wicaksono , M. A. (2017). Pengaruh Media Sosial Instagram @wisatadakwahokura Terhadap Minat Berkunjung Followers. JOM FISIP Vol. 4 No. 2, 1-13.
  28. Widianto, A., Sunarti, & Pangestuti, E. (2017). PENGARUH E-WOM DI INSTAGRAM TERHADAP MINAT BERKUNJUNG DAN. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 45 No.1, 94-101.
  29. Wijaya, K. K. (2016, Januari 15). Teknologi, Indonesia Ternyata Pengguna Instagram Terbanyak Ketiga di Dunia. Retrieved from id.technisian: https://id.techinasia.com/jumlah-pengguna-instagram-indonesia
  30. Winter, S., & Krämer, N. (2015). They Came, They Liked, They Commented: Social Influence on Facebook News. Cyberpsychology, Behavior, and Social Networkin.
  31. Zhou, X., Tao, X., & Yang, Z. (2013). Sentiment Analysis on Tweets for Social Events . IEEE 17th International Conference on Computer Supported Coorporative Work in Design , 557-562.

  1. Ikeu Kania  Universitas Garut, Indonesia
  2. Risma Muhamad Ramdani  Universitas Garut, Indonesia
  3. Wati Susilawati  Universitas Garut, Indonesia