Article Info
Submitted: 2019-11-24
Published: 2019-11-22
Section: Articles
Language: IND
Kabupaten Garut mempunyai potensi wisata yang menarik karena secara topografi dikelilingi oleh pegunungan dan mempunyai pantai yang indah. Potensi pariwisata di kabupaten Garut sangat besar, selain itu saat ini pada era 4.0 informasi tentang pariwisata menjadi lebih mudah diakses melalui internet terutama akun media sosial. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana interaksi warganet dan potensi promosi wisata pada akun @galerigarut_. Analisis semiotika digunakan pada sebanyak 499 postingan yang berhubungan dengan tempat wisata di akun @galerigarut_. Data yang dikumpulkan berasal dari foto yang diunggah di akun tersebut, lalu dianalisis semiotika untuk mendapat kamus pariwisata yang dapat dijadikan hashtag yang dapat memperluas cakupan pada pengguna instagram. Berdasarkan hasil pembahasan yaitu peran akun instagram @galerigarut_ dalam mempromosikan wisata kabupaten Garut cukup tinggi, karena interaksi dalam akun tersebut dengan pengguna instagram sangat aktif, oleh sebab itu akan lebih baik jika akun instagram @galerigarut_ membubuhkan hashtag yang lebih banyak yang sesuai dengan foto menurut analisis semiotika untuk memperluas cakupan pengguna intsgram terkait pariwisata di Kabupaten Garut. Selain itu untuk mengembangkan potensi wisata dan penjaringan wisatawan lokal maupun mancanegara, diperlukan peran pemerintah untuk bekerja sama dengan akun-akun instagram yang fokus pada pariwisata sebagai partner dalam pengembangan potensi wisata yang ada di Kabupaten Garut.
References
- Ainiah. (2018). Remaja Milenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Milenial . JPII Volume 2, 221-236.
- Akhmad Rifqi Azis, P. A. (2018). Keefektifan layanan informasi berbasis instagram untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Teraputik Jurnal Bimbingan dan Konseling, 183-191.
- Arifin, F. N. (2015). EFEKTIVITAS AKUN INSTAGRAM @FILMNASIONAL DALAM PEMENUHAN KEBUTUHAN INFORMASI FOLLOWERS. e-Proceeding of Management, (hal. 3971).
- Atiko, G. S. (2016). Analisis Strategi Promosi Pariwisata Melalui Media Sosial oleh Kementrian Pariwisata (studi deskriptif pada akun Instagram @indtravel). Jurnal Sosioteknologi, 378-389.
- Azizah, N. (2018, September 7). Ini 3 Rencana Ridwan Kamil Untuk Pariwisata Jawa Barat. Dipetik Oktober 23, 2019, dari detikTravel: https://travel.detik.com/travel-news/d-4202296/ini-3-rencana-ridwan-kamil-untuk-pariwisata-jawa-barat
- Badan Pusat Statistik provinsi Jawa Barat. (2018, maret 23). Jumlah Kunjungan Wisatawan ke Obyek Wisata Menurut Kabupaten/Kota di Jawa Barat, 2016. Dipetik juni 25, 2019, dari Badan Pusat Statistik provinsi Jawa Barat: https://jabar.bps.go.id/statictable/2018/03/23/475/jumlah-kunjungan-wisatawan-ke-obyek-wisata-menurut.html
- Barthes, R. (2010). Imaji, Musik, Teks. Yogyakarta: Jalasutra.
- E. Trihayuningtyas, W. Y. (2018). MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA INFORMASI DAN PROMOSI PARIWISATA BAGI GENERASI Z DI KABUPATEN GARUT. Tourism Scientific Journal, Volume 4 Nomor 1.
- Fitri.Syarifah. (2019, Juni 27). Pesona Indonesia. Dipetik Oktober 23, 2019, dari Liputan 6: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3999210/mantap-jadi-provinsi-pariwisata-jabar-rilis-west-java-calender-of-event-2019
- Gita Atiko, R. H. (2016). ANALISIS STRATEGI PROMOSI PARIWISATA MELALUI MEDIA SOSIAL OLEH KEMENTERIAN PARIWISATA RI (STUDI DESKRIPTIF PADA AKUN INSTAGRAM @INDTRAVEL). Jurnal Sosioteknologi, Vol. 15, No 3, Pages 378.
- Gohil, N. (2015). Role and Impact of Social Media in Tourism : A Case Study on the Initiatives of Madhya Pradesh State Tourism Introduction. Review of Literature, 8-15.
- Gregorio, J. (2019). The History and Power of Hashtag in Social Media Marketing (Infographic). digitalmarketingphilippines.com. https://digitalmarketingphilippines.com/the-history-and-power-of-hashtags-in-social-media-marketing-infographic/.
- Hamzah, Y. I. (2013). POTENSI MEDIA SOSIAL SEBAGAI SARANA PROMOSI INTERAKTIF BAGI PARIWISATA INDONESIA. Pusat Penelitian dan Pengembangan Kebijakan Kepariwisataan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.
- Hu, Y. M. (2014). What We Instagram: A First Analysis of Instagram Photo Content and User Type. 8th International Conference on Weblogs and Social Media, 21-24.
- Hu, Y., Manikonda, L., & Kambhampati, S. (2014). . What We Instagram: A First Analysis of Instagram Photo Content and User Type. 8th International Conference on Weblogs and Social Media, 34, hal. 21-24.
- Ibo, A. (2018, Januari 7). Travel. Dipetik Oktober 23, 2019, dari Liputan 6: https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3217850/sektor-pariwisata-jadi-investasi-unggulan-di-2018
- Mohammad Insan Romadhan, D. S. (2017). Potensi Media Sosial Sebagai Sarana Media Promosi Pariwisata Berbasis Partisipasi Masyarakat. Prosiding Seminar dan Call For Paper Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (hal. 85-90). Sidoarjo: Universitas Tujuh Belas Agustus 1945.
- Nariswari. (2015, April 29). Pengguna Instagram 6 Kali Lebih Aktif Ketimbang di Facebook. Dipetik Oktober 21, 2019, dari Pulsa Online: https://www.tabloidpulsa.co.id/news/21115-pengguna-instagram-6-kali-lebih-aktif-ketimbang-di-facebookISSN
- Permatasari, N. &. (2017). Motif Eksistensi melalui Penggunaan Hashtag (#OOTD). PROMEDIA, 256.
- Pikiran Rakyat. (2017, oktober 2). Ternyata Ini Awal Mula Garut Dijuluki Swiss van Java. Dipetik juni 25, 2019, dari Pikiran Rakyat: https://www.pikiran-rakyat.com/jawa-barat/2017/10/02/ternyata-ini-awal-mula-garut-dijuluki-swiss-van-java-410647
- Pramudita, A. S. (2018). Formulasi Model Bisnis Hostel di Bandung dengan Pendekatan Value Chain dan Business Model Canvas (Studi Kasus: Pinisi Backpacker). ISEI Business and Management Review, 32 – 38.
- Setiawan, R. (2019). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Jasa Pariwisata Pemandian Air Panas. BIEJ: Business Innovation & Entrepreneurship Journal, 53-61.
- Sitalaksmi, K. M. (2016). Representasi Indonesia dalam Media Sosial (Analisis Semiotika Roland Barthes dalam Akun Instagram @instanusantara). Universitas Diponegoro. Semarang, Jawa Tengah, Indonesia.
- Smith, K. (2011). Digital marketing strategies that Millennials find appealing, motivating, or just annoying. Journal of Strategic Marketing, 11(9), 489-499.
- Smith, K. T. (2011). Digital marketing strategies that Millennials find appealing, motivating, or just annoying. Journal of Strategic Marketing, 11(9), 489-499.
- Tempo.co. (2017, Juli 26). 45 juta pengguna instagram, Indonesia pasar terbesar di Asia. Dipetik Oktober 25, 2019, dari Tempo.
- Tsapatsoulis, N. &. (2016). Evaluating the descriptive power of Instagram hashtags. . Journal of Innovation in Digital Ecosystems., 114-129.