PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PELAKSAAN PHBS MELALUI PROGRAM F.I.T.T SEHAT DI KECAMATAN UNGARAN BARAT TAHUN 2018

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-29
Published: 2020-06-12
Section: Articles
Language: EN

Peningkatan proporsi jumlah lansia perlu mendapatkan perhatian karena kelompok lansia merupakan kelompok beresiko   tinggi yang mengalami berbagai masalah kesehatan khususnya  penyakitdegeratif. Permasalahan kesehatan yang timbul saat ini merupakan akibat dari perilaku hidup yang tidak sehat ditambah sanitasi lingkungan serta ketersediaan air bersih yang masih kurang memadai di beberapa tempat. Hal tersebut sebenarnya dapat dicegah bila fokus upaya kesehatan diutamakan pada upaya preventif dan promotif dalam menumbuh-kembangkan kemandirian keluarga dan masyarakat untuk berperilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). Gerakan ini kemudian dikuatkan dan diperluas dengan GERMAS bertujuan untuk: Menurunkan beban penyakit; Menghindarkan terjadinya penurunan produktivitas penduduk; dan Menurunkan beban pembiayaan pelayanan kesehatan karena meningkatnya penyakit dan pengeluaran kesehatan.

Aktivitas fisik merupakan salah aktifitas yang dilakukan melalui olahraga bagi lansiaakanmembantutubuh tetap bugar  dansegar karena melatih tulang tetapkuat,mendorong jantungbekerjaoptimal, danmembantumenghilangkan radikalbebas yang beredardidalamtubuh dengan prinsip FITT. Banyak lansia yang tidak mengetahui cara pengukuran kebugaran  jasmani dan aktivitas kebugaran yang tepat berdasarkan kondisi Kebugaran jasmaninya. Para Lansia juga  tidak mengetahui pentingnya data pemantauan kapasitas kebugaran  untuk menjaga kesehatan para lansia. Oleh karena itu dengan mitra masyarakat yaitu Kelompok sasana  lansiaseluruh kelurahan yang ada di Kecamatan Ungaran Barat maka IbM ini bertujuan melakukan Pendampingan Pemberdayaan Masyarakat dalam program PHBS melalui prinsip FITT sehat di Ungaran Barat, dan Buku panduan kebugaran jasmani lansia  yang berguna untuk penentuan latihan atau terapi kebugaran bagi lansia

References

  1. Depkes R.I., (2002)Pedoman Pemberantasan Penyakit Infeksi Saluran Pernafasan AkutUntuk PenanggulanganPneumonia Pada Balita, Ditjen PPM-PLP. Jakarta..
  2. Darmojo,R.B.Martono,H.H.,2004.Buku ajar Geriatri.Jakarta: BalaiPenerbit FKUI.
  3. Davis. E.M., Philips. Jon A., 2006, Learning PHP and MySQL., O’Reilly Media, Inc.
  4. Iqbal, Muhammad,2007.Pelayanan Yang Memuaskan,Penerbit PT. ElexMedia Komputindo:Jakarta
  5. Sumosardjono. 1992. PengetahuanOlahraga danKesehatan. Jakarta :Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.
  6. Sumintarsih.(2006).KebugaranJasmaniUntuk Lansia. Olahraga, 147-160.
  7. Suryanto(1998),Sehat diUsia Lanjut, Yogyakarta:MajoraEdisi 3 Th.IV,Desember