Pemanfaatan Limbah Kulit Kopi sebagai Bahan Pewarna Tekstil Alami untuk Pembuatan Batik Shibori di Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto, Kabupaten Temanggung

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-28
Published: 2020-06-12
Section: Articles
Language: ID

Limbah merupakan sisa material tidak bernilai yang dihasilkan setelah proses produksi. Desa Sidoharjo sebagai salah satu desa penghasil kopi di Kabupaten Temanggung menghasilkan limbah berupa kulit kopi pada proses pembuatan kopi siap konsumsi. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah memberikan ketrampilan baru kepada warga desa Sidoharjo berupa ketrampilan pewarnaan kain dengan teknik shibori yang menggunakan limbah kulit kopi sebagai inovasi dalam pembuatan batik shibori dan sekaligus memanfaatkan limbah kulit kopi yang melimpah. Pelatihan ini diikuti oleh ibu-ibu kader PKK dari seluruh dusun yang ada di Desa Candiroto. Setelah kegiatan pelatihan ini selesai diharapkan masyarakat dapat mengembangkan produk batik shibori dari kulit kopi ini menjadi berbagai produk siap pakai agar dapat mengurangi limbah kulit kopi dan menjadikan batik shibori dari kulit kopi sebagai identitas dari Desa Sidoharjo, Kecamatan Candiroto,Kabupaten Temanggung.

References

  1. Saravanan dan Chandramohan. (2011) Universal Journal of Environmental Research and Teknologi
  2. Bogoriani, N. W. 2010. Ekstraksi zat warna alami campuran biji pinang, daun sirih, gambir dan pengaruh penambahan KmnO4 terhadap pewarna kayu jenis Albasi. Jurnal Kimia. 4 (2). Juli. P. 125-134.
  3. https://www.idntimes.com/life/women/dian-septi-arthasalina-1/contoh-shibori-teknik-jepang-c1c2/full
  4. Handayani dan Mualimin.( 2013). Pewarna Alami Batikari Tanaman Nila (Indigofera) Dengan Katalis Asam.
  5. https://id.wikipedia.org/wiki/Candiroto,_Temanggung

  1. Inaya Sari Melati  Orcid Universitas Negeri Semarang, Indonesia

    Jurusan Pendidikan Ekonomi

    Fakultas Ekonomi

    Universitas Negeri Semarang