Pelatihan Perakitan Sepeda Listrik pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNNES

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-25
Published: 2020-06-12
Section: Articles
Language: ID

Sepeda listrik merupakan alat transportasi yang sedang digemari di Indonesia. Akan tetapi, pemilik sepeda listrik terkendala teknisi bengkel yang mampu melakukan perakitan dan perawatan sepeda listrik. Kurangnya pengetahuan dan keterampilan mengenai sepeda listrik menjadi alasan utama para teknisi kendaraan roda dua belum mampu merakit dan merawat sepeda listrik. Sebagai kampus berwawasan konservasi, Universitas Negeri Semarang (UNNES) perlu untuk mendukung konservasi lingkungan dengan menghasilkan lulusan yang memiliki pemahaman dan keterampilan merakit serta merawat kendaraan sepeda listrik Terutama di Jurusan Teknik Mesin. Hal itu dapat terwujud melalui kegiatan kuliah. Selain itu, perlu juga diadakan pelatihan perakitan dan perawatan sepeda listrik untuk mahasiswa. Pelatihan ini akan dilaksanakan dengan metode diskusi dan demostrasi merakit sistem kelistrikan. Pelatihan akan dilaksanakan dengan langkah awal menentukan sasaran peserta yaitu mahasiswa yang kemudian diberikan pre-test. Selanjutnya tim pengabdian berkolaborasi memberikan materi dan praktik perakitan sistem kelistrikan pada sepeda listrik dan diakhiri dengan post-test. Selanjutnya, data hasil pre-test dan post-test akan dianalisis untuk mengambil kesimpulan. Hasil pengabdian berupa peningkatan pemahaman dan keterampilan sistem kelistrikan sepeda listrik yang dibuktikan dengan hasil pre-test dan post-test dengan rata-rata post-test menunjukkan perubahan sebesar 37,5% dari pre-test. Dengan demikian, pengabdian pelatihan ini dapat memberikan pemahaman dan keterampilan merakit dan merawat sistem kelistrikan sepeda listrik terhadap para mahasiswa Pendidikan Teknik Mesin UNNES.

References

  1. Khairudin, M., Efendi, N. Purwatiningsih, W. Irawan. 2016. Analisa Sistem Kendali Putaran Motor DC Menggunakan Silicon Controlled Rectifier. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta.
  2. Kompas. 2017. Toyota Genjot Pengembangan Sepeda listrik. Diunduh dari http://otomotif.kompas.com/read/2016/11/18/181418415/toyota.genjot.pengembangan.mobil.listrik , tanggal 8 Februari 2018.
  3. Kompas. 2018. Indonesia Ditargetkan Punya 2.200 Mobil dan 2,1 juta Motor Listrik Pada 2025, diunduh dari https://ekonomi.kompas.com/read/2018/09/19/073100126/indonesia-ditargetkan-punya-2200-mobil-dan-21-juta-motor-listrik-pada-2025.
  4. Tandi Salu, Deni S., Fielman Lisi, Han Tumaliang, Lili S. Patras. 2013. Sistem Pengaturan Motor AC Satu Fasa dengan Menggunakan Thyristor. Jurusan Teknik Elektro, Fakultas Teknik, UNSRAT, Manado.

  1. Adhetya Kurniawan  Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Indonesia