Penguatan Teknologi Tepat Guna Pascapanen Untuk Meningkatkan Produktifitas Pengolahan Kopi Gurilang Desa Gunungsari Kecamatan Pulosari Kabupaten Pemalang

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-12-05
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN
Penerapan teknologi tepat guna pascapanen kopi merupakan salah satu cara untuk meningkatkan nilai tambah komoditas perkebunan kopi. Kelompok tani Gurilang adalah kelompok petani kopi yang berasal dari Desa Gunungsari yang akan menjadi masyarakat mitra dalam kegiatan IDBU ini. Tujuan dari kegiatan IDBU ini adalah untuk meningkatkan produktifitas masyarakat mitra (petani kopi) di Desa Gunungsari melalui penerapan mesinmesin TTG pascapanen kopi. Mesin-mesin yang akan diterapkan nantinya adalah mesin yang terdiri dari mesin pengupas kulit kopi berjalan (pulper), mesin pencuci biji kopi type batch, dan mesin pengupas biji kopi (huller). Metode pelaksanaan program dimulai dari survei ke lokasi, sosialisasi program, perancangan dan pembuatan mesin-mesin pascapanen kopi, penerapan mesin yang telah difabrikasi dan evaluasi kegiatan. Dari hasil kegiatan telah diproduksi mesinmesin tepat guna pascapanen kopi, yang terdiri dari dua unit mesin pengupas kulit kopi berjalan (pulper mobile), satu unit mesin pencuci biji kopi type bacth, dan satu unit mesin pengupas biji kopi berjalan (huller mobile). Petani kopi di Desa Gunungsari Kabupaten Pemalang telah mengenal mesin-mesin teknologi tepat guna pascapanen kopi. Hasil evaluasi kegiatan menunjukan produktifitas petani kopi mulai meningkat. Hal ini dapat terlihat dari proses pengolahan kopi pascapanen yang lebih efektif dan efesien

References

  1. Anonim. (2017). Kopi (online) https://www. indonesia-investments.com/id/bisnis/ komoditas/kopi/item186? (diakses 9 Mei 2017).
  2. Anonim. (2017). Luas Perkebunan Kopi (online). https://benermeriahkab.bps. go.id/subject/54/perkebunan.kopi.htm l (diakses 2 Februari 2018)
  3. Chandra, D., R.H. Ismono dan E. Kasymir. (2013). Prospek Perdagangan Kopi Robusta Indonesia di Pasar Internasional. Jurnal ilmu-ilmu Agribisnis (JIIA), Vol 1 No. 1 Tahun 2013. Fakultas Pertanian, Universitas Lampung.