IDBU Bagi Desa Batik Cibelok Pemalang Guna Menuju Desa Kreatif Melalui Upaya Branding Dan Teknologi Promosi Produk Untuk Mengurangi Pengangguran Akibat Pandemik Virus Korona

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-12-05
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN
Target khusus yang diharapkan dari kegiatan Iptek bagi Desa Binaan Undip (IDBU) adalah peningkatan produktivitas kelompok pengrajin di Desa Cibelok Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang. Adapun mitra yang terlibat adalah UKM Batik Arum Cempaka. UKM Batik Arum Cempaka merupakan kelompok usaha yang bergerak di bidang produksi batik tulis khas Pemalang yang berada di RT 3 RW 4 Desa Cibelok Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang, dengan memproduksi batik dari bahan kain sutera, tenun bukan mesin, dan katun. Motif yang diproduksi adalah motif pesisiran, jlamprang, encim, buketan dan motif baru lainnya. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini yaitu metode participatory action research dimana masyarakat dan tim pelaksana secara bersama-sama dilibatkan dalam penentuan jenis kegiatan dan pelaksanaan kegiatan di lapangan. Kegiatan persiapan merupakan kegiatan bersama antara tim perguruan tinggi dengan mitra untuk menentukan jenis kegiatan yang telah disusun tim berdasarkan hasil analisis situasi, potensi, dan permasalahan di mitra UKM Batik Arum Cempaka. Target tahun ke-1 adalah penerapan mesin feeder untuk pewarnaan batik yang akan diaplikasikan di UKM Batik Arum Cempaka. Target tahun ke-2 adalah, pelatihan penggunaan software Batik Fractal di UKM Batik Arum Cempaka untuk menghasilkan motif yang unik workshop pembukuan akuntansi, pendampingan pengurusan HAKI untuk motif batik yang dihasilkan, penerapan sistem informasi akuntansi, penerapan sistem informasi penjualan, dan penerapan sistem informasi inventori di UKM Batik Arum Cempaka. Target tahun ke-3 adalah penerapan sistem pengelolaan inventori di UKM Batik Arum Cempaka penerapan dan penggunan aplikasi manajemen inventori di UKM Batik Arum Cempaka pelatihan penggunaan daun mangrove (Lumicera sp), kulit terong belanda (Solanum betaceu), dan kulit manggis (Garcinia mangostana L) sebagai pewarna alami batik di UKM Batik Arum Cempaka serta serta pendampingan branding, logo, hak merek di UKM Batik Arum Cempaka dan hak rahasia dagang (proses produksi) di UKM Batik Arum Cempaka.

References

  1. Mcdermott, B. M., Batik, M., Roberts, L., & Gibbon, P. (2002). Parent and child report of family functioning in a clinical child and adolescent eating disorders sample. Australian and New Zealand Journal of Psychiatry, 36(4), 509-514.
  2. Soebagiyo, D., & Wahyudi, M. (2008). Analisis kompetensi produk unggulan daerah pada batik tulis dan cap solo di Dati II Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Pembangunan: Kajian Masalah Ekonomi dan Pembangunan, 9(2), 184-197.
  3. Syafitri, N. (2010). Perbandingan Metode K-Nearest Neighbor (KNN) Dan Metode Nearest Cluster Classifier (NCC) Dalam Pengklasifikasian Kualitas Batik Tulis. JURNAL TEKNOLOGI INFORMASI & PENDIDIKAN, 2(1).
  4. Umami, A. R., Hartanti, R. I., & Sujoso, A. D. P. (2014). Hubungan antara Karakteristik Responden dan Sikap Kerja Duduk dengan Keluhan Nyeri Punggung Bawah (Low Back Pain) Pada Pekerja Batik Tulis (The Relationship Among Respondent Characteristic and Awkward Posture with Low Back Pain in Batik Workers). Pustaka Kesehatan, 2(1), 72-78.
  5. Susanto, A. (2013). Pengaruh Promosi, harga dan inovasi Produk terhadap keputusan pembelian pada batik tulis Karangmlati Demak (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
  6. Yuliana, R. (2006). Pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian pakaian batik tulis danar hadi (studi konsumen wanita pada outlet danar hadi Diponegoro Surabaya). Online). www. scribd. com.