Pendampingan Masyarakat terkait Stigma Pandemi Covid di Era New Normal

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-10-05
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Abstrak — Ribuan warga Indonesia di berbagai provinsi telah terjangkit virus COVID-19 dan kurva pertumbuhan pasien virus COVID-19 masih terus bertambah setiap harinya dikarenakan masih banyaknya warga yang belum taat aturan dan kurangnya sosialisasi mengenai bahaya virus ini bila terpapar ke manusia. Hal yang menjadi perhatian adalah stigma terkait covid 19 baik itu stigma pada masyarakat, tenaga kesehatan, dan jenazah yang akan dikuburkan. Tujuan kegiatan pemberdayaan masyarakat ini adalah mengurangi stigma yang salah dan beredar di masyarakat.

Kegiatan PPM yang dilaksanakan dengan dua metode yaitu penyuluhan sesuai protokol kesehatan yaitu dengan social distancing, cuci tangan, dan memakai masker dan pembagian poster. Peserta kegiatan berjumlah 16 orang peserta dan lokasi penyelenggaraan pelatihan di rumah ibu RT 04 RW 01, Kelurahan Genuk, Kecamatan Ungaran Barat. Materi penyuluhan meliputi apa itu Covid-19, Gejalanya, Alat Pelindung Diri yang digunakan tenaga Medis dan Paramedis dalam penanganan pasien Covid-19, Penanganan jenazah Covid-19, apa itu Stigma, dan dampak yang terjadi jika masih ada stigma Covid-19. Isi poster yang diberikan kepada masyarakat adalah apa itu Covid-19, apa itu Stigma, dan Dampak Stigma. Sebelum penyuluhan dan sesudahnya peserta diberikan isian pre test dan post test terkait stigma Covid-19. Setelah kegiatan penyuluhan, hasil yang didapatkan adalah adanya peningkatan skor pengetahuan sebesar 30%.

 

Kata kunci — Pandemi, Covid 19, penyuluhan, stigma


References

  1. G. Purnama, D. I. Yani, and T. Sutini, “GAMBARAN STIGMA MASYARAKAT TERHADAP KLIEN,” vol. 2, no. 1, pp. 29–37, 2016.
  2. K. Wood and P. Aggleton, “Stigma, Discrimination and Human Rights: Promoting Young People’s Sexual and Reproductive Health,” Hum. Rights, p. 40, 2003.
  3. R. Abudi, Y. Mokodompis, and A. Nurfadias, “STIGMA TERHADAP ORANG POSITIF COVID-19,” vol. 2, no. 2, 2020.
  4. H. Dwinantoaji and D. Sumarni, “Human security , social stigma , and global health : the COVID-19 pandemic in Indonesia,” J. Med. Sci., vol. 52, no. 3, pp. 158–165, 2020.
  5. Tirto, “Belajar dari Klaster Kariadi COVID-19: Hapus Stigma Negatif Pasien,” 2020.

  1. Sri Winarni  Universitas Diponegoro, Indonesia
  2. Darwanto Darwanto  Universitas Diponegoro, Indonesia
  3. Triyono Triyono  Universitas Diponegoro, Indonesia
  4. Ana Irhandayaningsih  Universitas Diponegoro, Indonesia
  5. Fahmi Arifan  Universitas Diponegoro
  6. Satriyo Adhy  Universitas Diponegoro, Indonesia