APLIKASI FORMULASI PAKAN DAN PEMBUATAN PAKAN IKAN YANG RAMAH LINGKUNGAN SECARA MANDIRI DI DESA KALIPANCUR KEC. NGALIYAN SEMARANG

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-10-01
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Mitra kegiatan merupakan  kelompok pembudidaya ikan lele yang akan mulai berjalan dan sangat membutuhkan informasi dan teknologi dari kegiatan pengabdian  masyarakat di Kecamatan Pecangaan Kabupaten Jepara. Kelompok Budidaya Lele sebagai Mitra dalam kegiatan Ipteks bagi Masyarakat berlokasi di Desa Kalipancur Kecamatan Ngaliyan Semarang. Mitra kegiatan bergerak pada bidang pendederan/benih ikan lele di kolam terpal. Beberapa faktor yang menyebabkan mitra hanya bergerak dibidang pembesaran adalah ketersediaan air, kualitas dan kuantitas air yang kurang baik dikarenakan terbatasnya sumber air untuk dapat digunakan sebagai media budidaya, pengetahuan tentang budidaya pembesaran ikan terutama lele tentang pakan aplikasi foormulasi pakan ikan masih sangatlah kurang di wilayah tersebut, namun demikian mitra dengan semangat yang tinggi bersedia untuk mengembangkan usaha budidaya lele..

Pemenuhan keinginan untuk berpartisipasi mengembangkan budidaya  pendederan/pembesaran lele tersebut saat ini mengalami kendala, yaitu kurang optimalnya produksi ikan, khususnya ikan lele di lokasi Mitra (Desa Kalipancur Kecamatan Ngaliyan Semarang) dan umumnya di Jawa Tengah. Hal tersebut disebabkan masih kurang optimalnya teknis produksi budidaya pendederan/pembesaran di beberapa Kelompok Pembudidaya Ikan (calon Pokdakan), karena minimnya aplikasi IPTEK budidaya khususnya pendederan/pembesaran ikan secara tepat dan terpadu sehingga kualitas dan kuantitas ikan yang dihasilkan belum dapat memenuhi kebutuhan pasar yang ada, hal ini mengakibatkan masyarakat kurang antosias melakukan budidaya lele karena kematian masal dan gagal panen, hal ini menjadi persoalan utama dalam produksi lele dan menjadikan kerugian bagi mitra pendederan benih ikan lele di wilayah tersebut, tapi syukurlah masyarakat dapat membuat formulasi pakan dan pembuatan pakan ikan secara mandiri dan menrealisasikan satu kolam percontohan kolam terpal di wilayah desa tersebut.

References

  1. Pinandoyo Pudjadi  Diponegoro University, Indonesia
    Aquaculture