Pelatihan Pembuatan Lines Plan Kapal Kayu Dengan Menggunakan Metode Scheltema Di Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-30
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Abstrak

 

Pada masa pandemi covid-19 saat ini ada beberapa masayarakat terdampak berupa mengalami pengurangan pendapatan, sehingga dibutuhkan alternatif pekerjaan yang bisa dikerjakan . Salah satu yang dikenalkan yaitu teknologi pembuatan Lines Plan kapal kayu dengan menggunakan metode scheltema . Sehingga  masyarakat di kelurahan meteseh kecematan tembalang kota semarang bisa menambah edukasi teknologi perkapalan dan bisa membuka lowongan pekerjaan baru berupa desain kapal kayu ataupun prototipe kapal kayu serta juga bisa mengurangi pengangguran.

Pelatihan pembuatan Lines Plan kapal dengan metode Scheltema di kelurahan meteseh, kecamatan tembalang, Kota Semarang berupa pelatihan tentang pembuatan lines plan kapal kayu, demonstrasi dan pengaplikasian pembuatan lines plan kapal kayu dengan proses pelatihan tetap menjalankan protocol Kesehatan (memakai masker, rajin mencuci tangan, menjaga jarak) serta pelatihan maksimal 2 orang dan bisa secara online.

Kata kunci  : Lines Plan Kayu, Scheltema, Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang.

References

  1. REFERENSI
  2. D. R. Derrett ,2001, “Ship Stability for Masters and Mates”, Melbourne New Delhi.
  3. Dr. G. Barrass, 2004 “Ship Design Performance for Masters and Mates”, America.
  4. Ngumar, H.S, 2004, “Identifikasi Ukuran Kapal“, Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan. Jakarta.
  5. Parsons, Michael G., 2003, “Ship Design and Construction Volume II”. Jersey City : The Society of Naval Architect and Marine Engineering.

  1. berlian arswendo adietya  UNIVERSITAS DIPONEGORO, Indonesia
    Departemen Teknik Perkapalan Universitas Diponegoro Semarang