Pemberdayaan Keluarga dan Masyarakat Dalam Pendidikan Karakter dan Internalisasi Nilai Pancasila di Era Pembelajaran Daring

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-29
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN
Metode integrasi pendidikan karakter dan internalisasi nilai Pancasila ke dalam proses pembelajaran, memerlukan inovasi agar dapat actual dengan realita di era pembelajaran daring. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan alternatif dalam menjawab permasalahan tersebut, yaitu (i) menyusun indicator sikap yang relevan dengan nilai-nilai Pancasila, dan (ii) mensosialisasikan indicator tersebut untuk diintegrasikan dalam proses pembelajaran daring.Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menggunakan gabungan penelitian pengembangan, diiukuti dengan penelitian kualitatif. Penelitian pengembangan menggunakan tahapan berupa Design-Develop-Implementation. Implementasi dilakukan melalui sosialisasi pada Whatsapp Group dengan jumlah anggota 30 orang, yang bmerupakan kelompok masyarakat yang tinggal di Kelurahan Padangsari Kecamatan Banyumanik Kabupaten Semarang, serta memiliki anak usia SD, SMP, dan SMA. Hasil penilaian indikator sikap untuk internalisasi untuk sila 1 sampai dengan sila 5 mengalami peningkatan nilai, dan jumlah peserta yang mendapat nilai kuadran tertinggi mengalami peningkatan.

References

  1. Zamroni. Pendidikan Anak Untuk Demo- krasi. Yogyakarta: Bigraf. 2003.
  2. Koesoema, Doni A. Pendidikan Karakter Strategi Mendidik di Zaman Global. Jakarta: Grasindo. 2009.
  3. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan dan Kebudayaa. Penguatan Pembelajaran Nilai Dan Moral Pancasila. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
  4. Luthra, Poornima (2020). 4 Ways Covid-19 Education Future Generations [Online]. Available : https://www.weforum.org/agenda/2020/03/4-ways-covid-19-education-future-generations/.
  5. Tam, Gloria (2020). 3 ways the coronavirus pandemic could reshape education [Online] Available : https://www.weforum.org/agenda/2020/03/3-ways-coronavirus-is-reshaping-education-and-what-changes-might-be-here-to-stay/.
  6. Hoskins. .Is Distance Learning Transformational?.T. he Journal of Continuing Higher Education. Vol 61:1. pp. 62-63. 2013
  7. Lembani, Ashley Gunter, Markus Breines & Mwazvita Tapiwa Beatrice Dalu. The same course, different access: the digital divide between urban and rural distance education students in South Africa.Journal of Geography in Higher Education Vol 44:1,70-84. 2020.
  8. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Surat Edaran Kemdikbud No 4 Tahun 2020 mengenai Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19). Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  9. Borg, W.R. Gall, M.D. & Gall, J.P. Edu- cational Research Seventh Edition. New York: Pearson Education. Inc. 2003.
  10. Fraenkel, J. R., Wallen, N. E. Introduction to Qualitative Research: How to Design and Evaluate Research in Education, 7th ed. Boston, MA: McGraw-Hill. 2008