Pelatihan Video Pembelajaran Bagi Guru-Guru TK/KB IT Bina Insani Semarang ditengah Pandemi Covid-19

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-29
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN
Pandemi Covid-19 sangat memberikan dampak bagi wajah dunia pendidikan saat ini. Hal ini sangat mengubah secara drastis cara belajar mengajar, yang biasanya dilakukan secara konvensional kemudian berubah menjadi daring atau secara online. Ketersediaan bahan ajar merupakan salah satu faktor penting pada kegiatan proses belajar mengajar secara daring ini. Bahan ajar digunakan untuk membatu siswa memahami tentang materi yang diberikan guru di dalam kelas. Sehingga diperlukan upaya untuk membuat bahan ajar untuk pemenuhan kebutuhan daring selama pandemi covid-19. Salah satunya melalui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi dengan mengembangkan teknik pembuatan bahan ajar  berbasis video menggunakan aplikasi PC Filmora dan aplikasi android kinemaster. Adapun metode yang digunakan adalah melalui kegiatan pelatihan pembuatan video pembelajaran untuk guru-guru di  TK/KB IT Bina Insani Semarang. Hasil dari kegiatan ini adalah guru-guru memiliki ketrampilan dalam membuat bahan ajar yang dapat digunakan selama proses interaksi belajar pada masa pandemi covid-19.

References

  1. Allam, C. Bijnens, M., Vanbuel, M., Verstegen, S., Young C., Handbook on Digital Video and Audio in Education, Creating and using audio and video material for educational purposes, The Videoaktiv Project, 2006
  2. Criticos, C., Plomp, T.,& Ely, D. P. (Eds.): International Encyclopedia of Educational Technology, 2nd edition. New York: Elsevier Science, Inc. 1996.
  3. Admin, Profil TK/KB IT Bina Insani Semarang, link : https://sitbinainsani.sch.id/profil_tkit_bina_insani/
  4. Admin, How do I Use KineMaster for beginner , link : https://www.quora.com/How-do-I-use-KineMaster-for-beginner
  5. Admin, Why Choose Filmora, link : https://filmora.wondershare.net/why-choose-us.html

  1. Satriyo Adhy  Orcid Universitas Diponegoro
    Informatics Department
  2. Triyono Triyono 
  3. Setia Budi Sasongko