PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENGOLAHAN SIRUP MAHKOTA DEWA SEBAGAI PRODUK DIVERSIFIKASI OLAHAN PANGAN DI KECAMATAN SUMOWONO

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-29
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Abstrak — Desa Pledokan yang terletak di Kecamatan Sumowono banyak ditumbuhi mahkota dewa,. Tanaman mahkota dewa banyak tumbuh di keempat dusun yang ada di Desa Pledokan, yaitu Dusun Pledokan, Dusun Ngaglik, Dusun Kemuning, dan Dusun Resowinangun. Salah satu KUB Mahkota dewa adalah KUB Tazzaka yang berada di RT 01 RW 01 Desa Pledokan Kecamatan Sumowono. KUB tersebut dalam produksi pengolahan mahkota dewa masih menggunakan cara tradisonal, yaitu sterilisasi botol masih dengan cara direbus, pengemasan masih sederhana, dan produk olahan mahkota dewa hanya dipasarkan melalui pameran atau pemesan. Tujuan pemberdayaan masyarakat adalah meningkatkan kualitas produksi sirup mahkota dewa. Hal ini dilakukan dengan cara pemberian alat steril botol, perbaikan kemasan sirup mahkota dewa, perbaikan pemasaran melalui online shop (e-commerce), penyelenggaraan workshop standar kebersihan pangan, diikuti dengan penerapan mesin sterilisasi botol untuk KUB Tazzaka, dan pengurusan ijin halal dari produk sirup mahkota dewa. Hasil yang dicapai kemasan sirup mahkota dewa lebih menarik konsumen, sudah diberikannya alat steril botol dan pelatihan penggunaan alat sudah diberikan, penyuluhan pemasaran sirup mahkota dewa secara online, dan perijinan sertifikasi halal sudah keluar dengan nomor 15120037590519 yang berlaku sampai 24 Mei 2021 dan standar kebersihan pangan meningkat. Kesimpulannya produktivitas sirup mahkota dewa dengan kemasan baru meningkat sebesar 40%.

Kata kunci: Mahkota Dewa, Sterilisasi, e-commerce

References

  1. S. Purnavita, H. Y. Sriyana, and T. Widiastuti, “Kemasan Menarik dan Internet Marketing untuk Meningkatkan Nilai Jual Emping Garut sebagai Produk Unggulan Kabupaten Sragen,” E-Dimas J. Pengabdi. Kpd. Masy., vol. 9, no. 1, pp. 88–97, 2018.
  2. S. A. Klimchuk, Marianne Rosner dan Krasovec, Desain Kemasan: Perencanaan Merek Produk yang Berhasil Mulai dari Konsep sampai Penjualan. Jakarta: Erlangga, 2007.
  3. S. Muslimah, “Label Halal pada Produk Pangan Kemasan dalam Perspektif Perlindungan Konsumen Muslim,” Yustisia, vol. 1, no. 2, pp. 86–97, 2012.

  1. Sri Winarni  Fakultas Kesehatan Masyarakat Diponegoro University, Indonesia
  2. Asri Nurdiana  Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro, Indonesia
  3. Agus Setyawan  Fakultas Sains dan Matematika, Universitas Diponegoro, Indonesia