Pemberdayaan Ekonomi Keluarga di Era New Normal

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-26
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: ID

Hingga kini penyebaran Covid 19 masih berlanjut. Disisi lain, kondisi perekonomian menuntut tetap berjalan, sebagai konsekuensi maka ditetapkanlah new normal, yaitu kegiatan ekonomi kembali dibuka dan dijalankan, dengan syarat menerapkan protokol kesehatan.

Pengabdian kepada keluarga ini berfokus pada upaya pemberdayaan ekonomi keluarga di masa new normal akibat pandemic Covid 19. Situasi ekonomi di tengah pandemic Covid 19 membawa keluarga pelaku UMKM di Kabupaten Kendal harus juga bersiasat secara produktif agar tetap mendapatkan penghasilan sebab banyak keluarga kehilangan pekerjaannya dan pemilik usaha yang terpaksa gulung tikar, ditambah pemerintah menganjurkan untuk bekerja dari rumah.

Di tengah situasi serba sulit ini tetap ada peluang untuk mendapatkan penghasilan demi pemberdayaan ekonomi keluarga. Jenis pekerjaan yang bisa dikerjakan dari rumah di era digital antara lain: menjadi Youtuber, membuat dan menjual jamu atau minuman herbal lalu dijual secara online, berdagang berbasis online, menjadi influencer di Instagram, mengisi survei online, menjadi tutor online, mencari uang dari bekerja sebagai penulis lepas, menjadi proofreader atau editor, menjadi penterjemah bahasa, menjual jasa desain grafis. Bagi keluarga yang kurang melek teknologi juga dapat memperoleh penghasilan tambahan, dimana  pekerjaan tambahan yang dimaksud harus dipilih dengan tepat, dan yang cocok dengan selera, waktu, tenaga, dana, dan hati nurani. Ada empat cara untuk menambah penghasilan keluarga di era new normal yakni bekerja sebagai karyawan di tempat lain sepulang bekerja, bekerja sendiri dengan mengandalkan keahlian, menjalankan usaha sampingan, dan berinvestasi.

 

Kata kunci:  pemberdayaan, ekonomi, pendapatan, keluarga, era new normal

References

  1. Adi, Isbandi Rukminto. 2008. Intervensi Komunitas Pengembangan Keluarga Sebagai Upaya Pemberdayaan Keluarga. Jakarta: PT Grafindo Persada
  2. Mardikanto, Totok. 2014. CSR (Corporate Social Responsibility) (Tanggungjawab Sosial Korporasi). Bandung: Alfabeta.
  3. Moelyono, Mauled. 2010. Menggerakan Ekonomi Kreatif antara Tuntutan dan Kebutuhan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
  4. Oos M. Anwas. 2013. Pemberdayaan Keluarga di Era Global Bandung: Alfabet CV
  5. Purnomo, Rochmat Aldy. 2016. Ekonomi Kreatif: Pilar Pembangunan Indonesia. Surakarta: Ziyad Visi Media
  6. Suharto, Edi. 2017. Membangun Keluarga Memberdayakan Rakyat. Bandung: PT Refika Aditama
  7. Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, Ekonomi Baru: Mengubah Ide dan Menciptakan Peluang. Jakarta: Salemba Empat
  8. Zubaedi. 2007. Wacana Pembangun Alternatif: Ragam Prespektif Pembangunan dan Pemberdayaan Keluarga. Jakarta: Ar Ruzz Media
  9. Fahrudin, Adi. 2012. Pemberdayaan, Partisipasi dan Penguatan Kapasitas Keluarga. Bandung: Humaniora

  1. Nenik Woyanti  , Indonesia
  2. Fajrul Falah  , Indonesia
  3. Kusworo Adi  , Indonesia