Pelatihan Pembuatan Materi Video Pembelajaran Menggunakan Aplikasi OpenShot Bagi Guru-Guru SMAIT Bina Amal Gunungpati Semarang Jawa Tengah

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-25
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

SMAIT Bina Amal Gunungpati Semarang merupakan sekolah yang turut berkontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Visinya adalah mewujudkan generasi masa depan yang berprestasi, berilmu pengetahuan dan teknologi, berketrampilan, serta berakhlak mulia. SMAIT Bina Amal ini masih menerapkan metode pembelajaran konvensional dengan keterbatasan segala sumber daya yang ada, sehingga perlu diupayakan peningkatan kemampuan para pendidik dalam menggunakan media pembelajaran alternatif terutama dalam hal penyusunan materi pembelajaran. Aplikasi (perangkat lunak) OpenShot Video Editor merupakan aplikasi yang dapat digunakan untuk pembuatan materi pembelajaran berbasis video yang diperuntukan untuk guru, siswa, sekaligus orang tua siswa. Aplikasi tersebut merupakan aplikasi editing video yang ringan, mudah dipelajari, serta tidak berbayar. Penggunaan aplikasi ini merupakan bagian dari Kompetensi Kelas Maya dari mata pelajaran di sekolah yang disesuaikan Kurikulum 2013. Oleh karena itu, perlu dilakukan Pelatihan Pembuatan Materi Video Pembelajaran menggunakan Aplikasi OpenShot bagi Guru-guru SMAIT Bina Amal Gunungpati. Diharapkan program kemitraan ini dapat membekali kemampuan dan ketrampilan para guru dalam memberikan pembelajaran beragam yang dapat meningkatkan minat siswa untuk belajar. Pelatihan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi para guru sesuai bidangnya dan diharapkan dapat digunakan dalam peningkatan mutu pembelajaran sekaligus memberikan variasi pembelajaran secara e-learning bagi siswa.

Kata kunci — e-learning, kelas maya, OpenShot, program kemitraan, video pembelajaran.

References

  1. Anderson, T & Elloumi, F. Theory and Parctice of Online Learning, Canada: Athabasca University, 2004.
  2. Anonim. (2003). Undang Undang RI No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Indonesia: http://www.komnasham.go.id/instrumen-ham-nasional/uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional.
  3. Development, B. A. Report on Information Technology. Great Britain: HM Stationery Office, 1980.
  4. Hadjerrouit S, Developing Web-Based Learning Resources in School Education: A User-Centered Approach. [Versi elektronik]. Interdisciplinary Journal of E- Learning and Learning Objects, 6, 115-135, 2010.
  5. Napitupulu, Social Media Nation, Jakarta, Prasetya Mulya Publishing, 2013.
  6. Stanton , Prinsip-prinsip Pemasaran, Jilid Tujuh, Jakarta, Erlangga, 2001.
  7. The Merriam-Webster English Dictionary, Revised edition, 2004.
  8. Yogiyanto H. M, Sistem Teknologi Informasi. Andi Offset Yogyakarta, 2003.
  9. Zyainuri dan Eko Marpanaji, Penerapan E-Learning Moodle Untuk Pembelajaran Siswa yang Melaksanakan Prakerin, Jurnal Pendidikan Vokasi, Vol 2, Nomor 3, 2012.

  1. Nurdin Bahtiar  Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Indonesia
    Departemen Ilmu Komputer / Informatika
  2. Priyo Sidik Sasongko  Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Indonesia
    Departemen Ilmu Komputer / Informatika
  3. Beta Noranita  Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Indonesia
    Departemen Ilmu Komputer / Informatika
  4. Khadijah Khadijah  Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Indonesia
    Departemen Ilmu Komputer / Informatika
  5. Fajar Agung Nugroho  Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro, Indonesia
    Departemen Ilmu Komputer / Informatika