Implementasi Online Workshop Series Sebagai Wujud Aktualisasi Prodi PEP (Penelitian dan Evaluasi Pendidikan) UNNES di Masa Pandemi Covid-19

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-25
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN
Pada masa pandemi Covid-19 ini, dunia pendidikan menghadapi tantangan yang sangat berat. Adanya pembatasan sosial mengakibatkan semua intitusi pendidikan formal harus melaksanakan pembelajaran jarak jauh. Persoalan terbesar dalam pembelajaran model tersebut adalah adalah pada proses evaluasi dan asesmen pencapaian kompetensi siswa. Pada bagian ini prodi PEP UNNES yang fokus pada penelitian dan evaluasi pendidikan merasa terpanggil untuk menjadi bagian dari solusi. Tanggung jawab tersebut diwujudkan dengan menyelenggarakan program kegiatan yang bertema PEP online workshop series. Kegiatan ini menyasar pada pengembangan instrumen evaluasi dan penelitian Pendidikan yang dapat diterapkan pada masa pandemic. Studi ini bertujuan untuk memotret keseluruhan kegiatan guna menemukan manfaat, efektifitas dan kemungkinan perbaikan di masa depan. Studi ini menggunakan pendekatan Concurrent Mix Method, dimana terdapat penggabungan metode kuantitatif, kualitatif deskriptif secara bersamaan dan berimbang. Objek dari studi ini adalah para peserta workshop yang tergabung dalam grup Whatsapp. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner online yang dibagikan ke setiap peserta. Hasil studi menunjukkan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat, efektif dan harus terus dilanjutkan.

References

  1. Creswell, John W., Steps in Conducting a Scholarly Mixed Methods Study. Discipline-Based Education Research (DBER) Group, 2013 (48), 6.
  2. Fadlelmola, Faisal M., Sumir Panji, Azza E. Ahmed, Amel Ghouila, Wisdom A. Akurugu, Jean-Baka Domelevo Entfellner, Oussema Souiai, Nicola Mulder, Ten simple rules for organizing a webinar series. PLoS Comput Biol, 2019, 15(4), 2-5.
  3. Hanoatubun, S., Dampak Covid – 19 terhadap Prekonomian Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2020, 2(1), 146-153.
  4. Murti, Endang, Pengaruh Pembagian Kerja Terhadap Efektifitas Organisasi Publik Di Desa Karangrejo Kecamatan Kendal Kabupaten Ngawi, Jurnal Sosial, 2015, Vol. 16 (1).
  5. Pluye, Pierre, The mixed methods appraisal tool assessing the methodological quality of qualitative, quantitative, and mixed methods research, PCNE Working Conference, 2013, 3-4.
  6. Syah Aji, Rizqon Halal, Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran, SALAM; Jurnal Sosial & Budaya Syar-I, 2020, Vol 7, 05.

  1. 082136866556 Sholihin  Universitas Negeri Semarang, Indonesia
    Prodi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan UNNES Semarang