Peningkatan Upaya Pencegahan Penyakit Hipertensi Melalui Pemberdayaan Kader Kesehatan di Desa Karangdawa, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-24
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN
Hipertensi atau penyakit darah tinggi merupakan penyakit tidak menular yang banyak menyerang masyarakat. Desa Karangdawa, Kecamatan Warungpring, Kabupaten Pemalang merupakan salah satu desa yang memiliki kasus Penyakit Tidak Menular (PTM) yang tinggi. Tingginya kasus penyakit Hipertensi di masyarakat dan kurangnya kesadaran masyarakat dalam upaya pencegahan penyakit Hipertensi. Selain itu juga kurangnya pengetahuan tentang pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang ada disekitar wilayah Desa Karangdawa. Kegiatan ini bertujuan untuk melakukan pemberdayaan kader melalui Komunikasi, Informasi dan Edukasi kepada kelompok kader kesehatan dan kelompok PKK, mengoptimalkan kader kesehatan setempat untuk mendampingi dalam pencegahan Hipertensi, dan menyediakan media KIE berupa booklet. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini dengan melakukan ceramah, diskusi terkait upaya pencegahan Hipertensi, dan juga melakukan pemeriksaan tekanan darah kepada masyarakat. Berdasarkan hasil pengukuran tekanan darah ditemukan bahwa sebagian besar peserta mempunyai tekanan darah tinggi. Kader dan masyarakat menyadari bahwa pola makan dan aktifitas fisik sangat berpengaruh terhadap kasus penyakit hipertensi di Desa Karangdawa. Peserta antusias dengan program edukasi dan pemberdayaan masyarakat. Banyak peserta yang sharing pengalaman terkait pengalaman peserta yang mengalami gejala hipertensi. Selain itu banyak diskusi juga terkait bahan makanan dan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yang pernah dikonsumsi oleh masyarakat yang berkaitan dengan upaya pencegahan hipertensi.

References

  1. Kemenkes.RI, “Pusdatin Hipertensi,” Infodatin, no. Hipertensi, pp. 1–7, 2014.
  2. WHO, “Hypertension,” 2019.
  3. W. H. Hypertension and M. E. N. H. Hypertension, “Hypertension: Act Now,” Who, pp. 1–2, 2018.
  4. P2PTM Kemenkes RI, “Hari Hipertensi Dunia 2019 : ‘Know Your Number, Kendalikan Tekanan Darahmu dengan CERDIK.,’” Jakarta, 17-May-2019.
  5. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah, “Profil Kesehatan Provinsi Jawa Tengah Tahun 2018,” Semarang, 2018.
  6. Y. T. G. Arum, “Hipertensi pada Penduduk Usia Produktif (15-64 Tahun),” HIGEIA (Journal Public Heal. Res. Dev., vol. 3, no. 3, pp. 345–356, 2019.
  7. A. Andrianto, M. Ardiana, M. Aditya, S. J. Sitorus, D. A. Rachmi, and I. Septianda, “Interactive Training and Education Improves Basic Hypertension Knowledge of Woman Cadres in Surabaya,” vol. 8, pp. 313–317, 2020.
  8. R. S. Firmansyah, M. Lukman, and C. W. Mambangsari, “Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Dukungan Keluarga dalam Pencegahan Primer Hipertensi,” J. Keperawatan Padjadjaran, vol. 5, no. 2, pp. 197–213, 1970.

  1. Nissa Kusariana  Scholar Bagian Epidemiologi dan Penyakit Tropik Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  2. Wenta Chris Omega Manik  Bagian Kesehatan dan Keselamatan Kerja Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Semarang