Digital Marketing sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat di Kabupaten Batang

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-21
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN
    Potensi ekonomi di Kabupaten Batang sangat tinggi, Pemerintah kabupaten melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) menggenjot sektor UMKM untuk meningkatkan produksi dan pemasarannya. Namun dilapangan masih banyak kendala, diantaranya adalah masalah sumber daya manusia untuk mengelola produk lokal masih belum di optimalkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, sehingga perlu dilakukan upaya untuk peningkatan kualitas SDM salah satunya melalui pelatihan/workshop. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian ini dilakukan pelatihan pelatihan digital marketing sebagai salah satu upaya untuk pemberdayaan masyarakat desa berbasis digital. Metode yang digunakan adalah partisipatori rural approach berupa pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait optimalisasi penggunakaan media sosial sebagai media pemasaran di era digital. Peserta yang terlibat dalam pelatihan sebanyak 41 orang yang merupakan pemuda, pelaku UMKM dan calon pelaku usaha dari 30 desa di wilayah Batang. Hasilnya para peserta menjadi tertarik untuk mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang dunia digital, memperoleh pengetahuan media sosial terutama konsep digital marketing sehingga diharapkan dapat diterapkan untuk mempromosikan produk lokal atau potensi desa Potensi ekonomi di Kabupaten Batang sangat tinggi, Pemerintah kabupaten melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan UKM (Disperindagkop dan UKM) menggenjot sektor UMKM untuk meningkatkan produksi dan pemasarannya. Namun dilapangan masih banyak kendala, diantaranya adalah masalah sumber daya manusia untuk mengelola produk lokal masih belum di optimalkan. Berdasarkan permasalahan tersebut, sehingga perlu dilakukan upaya untuk peningkatan kualitas SDM salah satunya melalui pelatihan/workshop. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian ini dilakukan pelatihan pelatihan digital marketing sebagai salah satu upaya untuk pemberdayaan masyarakat desa berbasis digital. Metode yang digunakan adalah partisipatori rural approach berupa pelatihan dan pendampingan. Kegiatan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terkait optimalisasi penggunakaan media sosial sebagai media pemasaran di era digital. Peserta yang terlibat dalam pelatihan sebanyak 41 orang yang merupakan pemuda, pelaku UMKM dan calon pelaku usaha dari 30 desa di wilayah Batang. Hasilnya para peserta menjadi tertarik untuk mengetahui dan mengenal lebih dalam tentang dunia digital, memperoleh pengetahuan media sosial terutama konsep digital marketing sehingga diharapkan dapat diterapkan untuk mempromosikan produk lokal atau potensi desa.MathMLXMathMLXMathMLXMathMLX

References

  1. Ragil Saputra  Universitas Diponegoro
          MathMLXMathMLXMathMLXMathMLXMathMLX
  2. Lusi Nur Ardhiani  Universitas Diponegoro
        MathMLXMathMLXMathMLXMathMLX
  3. Agus Setiadi  Universitas Diponegoro
      MathMLXMathMLX