Sosialisasi Kewirausahaan: Peningkatan Motivasi dan Kreativitas Berwirausaha Masyarakat Pedukuhan Pace A Kabupaten Gunung Kidul

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-21
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Motivasi untuk berwirausaha merupakan dorongan dari dalam diri seseorang untuk menumbuhkan dan mengembangkan usaha baru dengan mengakses informasi mengenai peluang kewirausahaan. Selain motivasi, diperlukan juga kreativitas berwirausaha sebagai kemampuan untuk memunculkan ide-ide baru dan inovasi produk dalam menangkap peluang. Sehingga seseorang yang mempunyai motivasi dan kreativitas berwirausaha diharapkan sudah siap memasuki dunia wirausaha untuk memenangkan persaingan. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan sosialisasi mengenai kewirausahaan, serta membangkitkan motivasi dan meningkatkan kreativitas berwirausaha bagi masyarakat Pedukuan Pace A, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul. Metode yang digunakan adalah penyuluhan kelompok yakni suatu penyuluhan yang berhubungan dengan sasaran penyuluhan secara kelompok. Hasil dari kegiatan ini menunjukkan bahwa sebagian besar sasaran telah memahami kewirausahaan, serta memiliki motivasi dan kreativitas sebagai hal yang tidak dapat diabaikan dalam berwirausaha. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini mampu memberikan kontribusi dalam meningkatkan pemberdayaan masyarakat di bidang motivasi dan kreativitas untuk mempersiapkan mental berwirausaha. Sehingga pada akhirnya masyarakat Pedukuhan Pace A, Desa Hargomulyo, Kecamatan Gedangsari, Kabupaten Gunung Kidul ini dapat tergerak hatinya untuk memulai usaha dengan lebih serius dan meningkatkan pendapatan. 

 

Kata kunci : Berwirausaha, Kewirausahaan, Kreativitas, Motivasi.

References

  1. Mardikanto, T. Penyuluhan Pengembangan Pertanian. Sebelas Maret Press, Surakarta. 1992.
  2. Nitisusastro, Mulyadi. Perilaku Konsumen. Alfabeta. Bandung. 2012.
  3. Soegoto, Eddy Soeryanto. Enterpreneurship Menjadi Pebisnis Ulung (edisi revisi). Kompas Gramedia. Jakarta. 2010.
  4. Suryana. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. 2013.
  5. Suwatno, Yuniarsih Tjutju,. Manajemen Sumber Daya Manusia Teori, Aplikasi, dan Isu Penelitian. Bandung: Alfabeta. 2011.
  6. Yati Suhartini. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa dalam Berwiraswasta. Jurnal Akmenika UPY, Vol. 7, 2011.

  1. Christina Heti Tri Rahmawati  Orcid Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia

    Program Studi Manajemen

    Fakultas Ekonomi 

    Universitas Sanata Dharma

    Yogyakarta

  2. Rubiyatno Rubiyatno  Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia

    Program Studi Manajemen

    Fakultas Ekonomi 

    Universitas Sanata Dharma

    Yogyakarta

  3. Theodorus Sutadi  Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia

    Program Studi Manajemen

    Fakultas Ekonomi 

    Universitas Sanata Dharma

    Yogyakarta

  4. Patrick Vivid Adinata  Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Sanata Dharma Yogyakarta

    Program Studi Manajemen

    Fakultas Ekonomi 

    Universitas Sanata Dharma

    Yogyakarta