EDUKASI SANITASI LINGKUNGAN WISATA MANGROVE UNTUK MENCEGAH DAMPAK PANDEMI COVID-19 DI DESA TAPAK, TUGUREJO, SEMARANG

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-20
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Edukasi Sanitasi Lingkungan  merupakan suatu usaha kesehatan preventif yang menitikberatkan aktivitas  usaha kesehatan lingkungan hidup manusia dan usaha untuk membina serta menciptakan sebuah keadaan yang baik terutama pada kesehatan masyarakat yang dilandasi oleh adanya keterkaitan peran dan fungsi dari masyarakat ke lingkungannya. Hidup bersih dapat dimulai dari diri sendiri, kemudian keluarga, masyarakat dan lingkungan sekitarnya sehingga dengan penerapan sanitasi lingkungan akan menjadi filter utama pencegahan Covid-19 di lingkungan khususnya masyarakat desa Tapak. Program yang diterapkan sesuai dengan Instruksi Gubernur Jawa Tengah “Satgas Jogo Tonggo” dan SK Walikota Semarang dengan Protokol Kesehatan dengan tahapan yang harus ditempuh oleh masyarakat saat akan melakukan aktivitas dengan cara menyediakan tempat cuci tangan, sabun, hand sanitizer serta menggunakan masker.

Pemanfaatan dan pengelolaan wilayah pesisir khususnya hutan mangrove  jenis Avicennia marina  berpeluang dapat memberikan manfaat berkesinambungan karena  memiliki kandungan antibiotik, sehingga mangrove  yang dimiliki oleh masyarakat desa Tapak  lebih bisa dioptimalkan melalui pembuatan hand sanitizer, desinfektan dan sabun,

Produk yang dihasilkan dari Edukasi dan pelatihan kepada mitra dan  masyarakat telah dapat melakukan praktek secara mandiri minimal dapat dimanfaatkan untuk keperluan keluarga yang selanjutnya di programkann untuk souvenir wisatawan yang berkunjung di mangrove desa Tapak, Tugurejo, semarang.

 

Kata kunci: Sanitasi Lingkungan, Wisata Mangrove, Desa Tapak

References

  1. Subrata BAG, Sumaryadi A, Wenda G. Pengolahan dan Pemanfaatan Buah Merah dalam Upaya Pengentasan Kemiskinan. J Pengabdi Kpd Masy (Indonesian J Community Engag. 2019;5(1):57.
  2. Mangrove K, Wilayah DI. Keanekaragam Mangrove Di Wilayah Tapak, Tugurejo, Semarang. J MIPA. 2014;36(2):123–30.
  3. Johannes E, Suhadiyah S, Latunra AI. Bioaktivitas Ekstrak Daun Avicenia marina Terhadap Pertumbuhan BAkteri Staphylococcus aureus. J Ilmu Alam dan Lingkung. 2017;8(15):38–41.
  4. Sumardiyono E. EVALUASI PELAKSANAAN COMMUNITY DEVELOPMENT DALAM PEROLEHAN PROPER HIJAU (Studi Kasus di PT . Pupuk Kaltim Bontang). 2007;130.

  1. Sutrisno - Anggoro  , Indonesia

    Departemen Sumberdaya Akutik, FPIK Undip

    Guru Besar

  2. Suryanti Suryanti Suryanti  Orcid Scholar Dr. Ir. Suryanti, MPi Department of Aquatic Resources Faculty of Fisheries and Marine Sciences, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia 50275, Indonesia

    Dr. Ir. Suryanti, MPi
    Department of Aquatic Resources

    Lektor/Penata Tingkat I

  3. Oktavianto Eko Jati