Pelatihan Daring Desain Grafis Bagi Pengurus Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-19
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Abstrak — Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro merupakan organisasi kegiatan kemahasiswaan yang sangat berkembang di lingkungan Fakultas Hukum Universitas Diponegoro. Paduan Suara Mahasiswa Satya Dharma Gita Fakultas Hukum Universitas Diponegoro dengan eksistensinya, memiliki berbagai kegiatan yang membutuhkan media promosi yang sangat baik dan menarik. PSM Satya Dharma Gita selalu mempromosikan segala kegiatan melalui media social, seperti Instagram, Facebook, WhatsApp, dan media sosial lainnya.

Media promosi online dewasa ini berkembang dengan sangat cepat. Hal tersebut seiring dengan perkembangan teknologi, informasi, dan internet yang sangat pesat. Untuk menghasilkan media promosi yang menarik, dibutuhkan desain media promosi dalam bentuk poster/leaflet/flyer.

Selama ini PSM Satya Dharma Gita masih kurang dalam hal membuat desain poster/leaflet/flyer sebagai media promosi. Maka diperlukan suatu pelatihan desain grafis bagi para pengurus PSM Satya Dharma Gita. Pengabdian desain grafis ini dengan memberikan pelatihan mengenai desain grafis yang dilakukan secara daring. Aplikasi yang digunakan dalam pelatihan desain grafis adalah Adobe Photoshop. Metode kegiatan pengabdian ini berbentuk pelatihan secara daring, dimana pemateri tidak hanya sekedar menyampaikan materi atau teori saja, tetapi juga melakukan pelatihan langsung ke peserta pelatihan. Secara garis besar, kegiatan ini terbagi ke dalam tiga tahapan, yaitu: tahapan pra-pelaksanaan (survey), tahapan pelaksanaan, dan tahapan evaluasi.

 

Kata kunci — Adobe photoshop, desain grafis, pelatihan.

References

  1. N. Kurnia, “dan Media Baru : Implikasi terhadap Teori Komunikasi,” Mediat. J. Komun., 2005.
  2. A. Kusrianto, Pengantar Desain Komunikasi Visual. 2019.
  3. M. Suyanto, “Aplikasi Desain Grafis Untuk Periklanan,” 2004, 2004.
  4. Gamal Thabroni, “Pengertian Desain Grafis dilengkapi Pendapat Para Ahli,” /serupa.id, 2019. https://serupa.id/pengertian-desain-grafis/ (accessed Jun. 25, 2020).
  5. R. sari Dewi, “Pengertian Adobe Photoshop Beserta Sejarah, Fungsi, Kelebihan & Kekurangannya,” www.nesabamedia.com, 2019.

  1. Yoannes Romando Sipayung  Ngudi Waluyo University, Indonesia
    Information Technology Department