Purifikasi Air Baku Kolam Ikan Menggunakan Ozon Generator dengan Kontrol Arduino

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-16
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: ID
Ikan nila merupakan ikan air tawar yang banyak dibudidayakan. Masalah yang sering dialami pembudidaya ikan nila adalah penyediaan kualitas air baku kolam yang baik. Hal tersebut dilakukan dengan cara pemberian tawas atau kaporit pada air baku. Hal tersebut akan memberikan efek samping jika digunakan dalam jangka waktu yang lama dan tidak sesuai dosis yang tepat. Dari persoalan tersebut maka dibuatlah sistem purifikasi air baku kolam menggunakan ozon generator. Tujuan sistem ini adalah menyediakan air baku kolam ikan dengan tingkat kekeruhan di bawah 50 NTU (Nephelometric Turbidity Unit). Purifikasi air ini merupakan proses pemurnian air dari berbagai jenis limbah menjadi air yang layak pakai dengan memanfaatkan ozon (O3) sebagai media pemurnian. Ozon (O3) dapat diciptakan dengan menggunakan alat ozon generator. Adapun cara kerja dari ozon generator adalah dengan memanfatakan sumber tegangan tinggi yang dihasilkan oleh power supplay ozon generator yang kemudian menimbulkan kilatan–kilatan pada tabung ozon sehingga mengubah oksigen (O2) menjadi ozon (O3 ). Seluruh sistem ini di kontrol menggunakan Arduino Uno R3. Hasil pengujian didapatkan penurunan kekeruhan air sangat tergantung dari durasi waktu purifikasi dan kapasitas air yang akan dipurifikasi.

Kata kunci — Air Baku, Ikan Nila, Purifikasi, Ozon Generator

References

  1. Dauhan, R. E., Efendi, E., & Suparmono. (2014, Oktober 20). Efektifitas Sistem Akuaponik Dalam Mereduksi Konsentrasi Amonia Pada Sistem Budidaya Ikan, Jurnal Rekayasa dan Teknologi Budidaya Perairan.
  2. Marlina E., Rakhmawati. 2016. Kajian Kandungan Amonia Pada Budidaya Ikan Nila (Oreochromis niloticus) Menggunakan Teknologi Akuaponik Tanaman Tomat (Solanum lycopersicum) Prosiding Seminar Nasional Tahunan Ke-V Hasil-Hasil Penelitian Perikanan dan Kelautan, 181-187.
  3. Yuliani, N., Pramleonita, M., & Arizal, R. (2018). Parameter Fisika Dan Kimia Air Kolam Ikan Nila Hitam (Oreochromis Niloticus), Jurnal Sains Natural Universitas Nusa Bangsa, hal. 24-34.
  4. Said, N.I., 2007. Desinfeksi untuk Proses Pengolahan Air Minum. Jurnal Air Indonesia, 3(1):15-20.
  5. Estikarini, H. D., Hadiwidodo, M., & Luvita, V. (2016). Penurunan Kadar COD dan TSS Pada Limbah Tekstil Dengan Metode Ozonasi, Jurnal Teknuk Lingkungan.

  1. zanu saputra  Polman Negeri Bangka Belitung, Indonesia
    Teknik Elektro dan Informatika