Peningkatan Literasi Administrasi Perpajakan Usaha Jasa Konstruksi Elsikon

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-16
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: ID

Peraturan perpajakan bukan hal yang mudah untuk dipahami oleh masyarakat luas, khususnya para penggiat kewirausahaan yang masih merintis atau mengembangkan usaha. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk membantu pelaku usaha di sektor mikro, kecil, dan menengah dalam meningkatkan literasi perpajakan. Literasi perpajakan dalam hal ini bukan hanya terkait pemahaman atas peraturan perpajakan tetapi juga peningkatan literasi pemanfaatan teknologi administrasi untuk menunjang administrasi perpajakan institusi mitra. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilakukan dengan pendekatan organization improvement dengan skema pendampingan selama 6 bulan. Proses di dalamnya mencakup penyuluhan atas peraturan-peraturan perpajakan, workshop penghitungan tarif pajak, dan workshop pengoperasian aplikasi spreadsheet. Tujuan utama kegiatan pendampingan ini adalah meningkatkan kemandirian institusi mitra dalam memenuhi kewajiban perpajakan, serta meningkatkan skill pemanfaatan teknologi informasi bagi staf terkait. Luaran kegiatan pendampingan ini adalah modul yang dapat digunakan oleh institusi mitra sebagai panduan membuat sistem arsip dan administrasi pajak yang lebih baik.

References

  1. Keough, Noel, “Participary development principles and practice: reflection of western development worker,” Oxford University Press and Community Development Journal, vol.33 (3), pp. 187-196, Jul. 1998.
  2. Ingamells, A., Westoby, P., Caniglia, F., Wiseman, R., Lathouras, A., Community Development Practice Stories: Method & Meaning. Australia: Common Ground Publishing Pty Ltd., 2011.
  3. Soetomo, Strategi-strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2013.
  4. Gertler, Paul J., Martinez, S., Premand, P., Rawlings, Laura B., Vermeersch, Christel M. J., Impact Evaluation in Practice. World Bank Group, 2019.

  1. Rossalina Christanti  Universitas Kristen Duta Wacana