Introduksi dan Budidaya Hijauan Pakan Ternak sebagai Upaya Penyediaan Pakan Ternak Berkelanjutan: Pengabdian kepada Masyarakat di Desa Koto Simandolak, Kabupaten Pelalawan

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-16
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN
Pakan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi keberhasilan usaha ternak. Hijauan pakan merupakan kebutuhan utama ternak dan penting untuk diperhatikan kualitas serta kuantitasnya. Permasalahan utama peternak di Desa Koto Simandolak adalah terbatasnya hijauan pakan. Sebagai upaya untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dilaksanakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk membantu peternak menghasilkan produksi yang optimal serta membantu penanganan masalah pakan ternak. Kegiatan ini dilaksanakan dengan sistem pelatihan dan pendampingan kepada Kelompok Peternak dan BUMDes. Pelatihan yang dilaksanakan adalah pelatihan manajemen pakan ternak serta budidaya ternak yang dilanjutkan dengan demontrasi penanaman hijauan rumput di kebun bibit. Hasil kegiatan yang dicapai adalah peserta mengenal dan mampu membudidayakan hijauan pakan ternak. Kegiatan awal penanaman hijauan diperkirakan akan menghasilkan bibit hijauan pakan ternak, diataranya Rumput Gajah Thailand sebanyak 10.000 stek, Rumput Odot sebanyak 10.000 stek, dan Rumput Setaria sebanyak 1.600 batang.

References

  1. G. Sudrajat, "Efisiensi Teknis dan Kesenjangan Teknologi Usaha Ternak Sapi Potong di Indonesia," Tesis, Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor, Bogor, Indonesia, 2019.
  2. L. Abdullah and N. R. Kumalasari, Pengembangan Hijauan Pakan, Bogor: IPB Press, 2019.
  3. I. N. Kaca, L. Suariani, N. K. E. Suwitari and I. G. A. M. P. Sanjaya, “Budidaya Rumput Odot di Desa Sulangai Kecamatan Petang Kabupaten Badung-Bali,” Community Services Journal (CSJ), vol. 2, no. 1, pp. 29-33, 2019.
  4. S. Aisyah, Membuat Ransum Ternak Ruminansia, Mataram: Caraka Darma Aksara, 2011.
  5. S. Hasan, Hijauan Pakan Tropik, Bogor: IPB Press, 2015.
  6. S. B. Siregar, Bisnis Penggemukan Sapi, Jakarta: Penebar Swadaya, 2013.
  7. R. Rukmana and B. Harianto, Pakan Sapi Potong, Jakarta: Penebar Swadaya Grup, 2017.
  8. M. Sayuti, T. A. E. Nugroho, L. Sahara and F. Ilham, “Pemberdayaan Peternak Sapi Potong di Desa Timbuolo Tengah melalui Penanaman Rumput Gajah (Pennisetum Purpureum),” Dinamika Journal, vol. 2, no. 3, pp. 33-43, 2020.
  9. F. L. Syaiful, “Pemberdayaan Masyarakat melalui Budidaya Sapi Potong Terintegrasi Sawit dan Penanawam Rumput Gajah (Pennisetum purpureum Schaum) Sebagai Bahan Pakan Ternak di Nagari Kinali Kabupaten Pasaman Barat,” UNES Journal of Community Service, vol. 2, no. 2, pp. 142-149, 2017.

  1. Djaimi Bakce  Universitas Riau, Indonesia
    Fakultas Pertanian Universitas Riau