PELATIHAN EKONOMI KREATIF MENGGUNAKAN MARKETING DIGITAL PADA KELOMPOK USAHA WANITA BERBASIS DIVERSIFIKASI PANGAN LOKAL DI DESA LORAM, KEC. JATI, KAB. KUDUS

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-16
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Pelatihan penggunaan media sosial berupa Whatapps,Facebook,dan Instagram telah dilakukan selama proses pengabdian masyarakat pada ibu-ibu PKK Desa Loram, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus. Kegiatan ini dalam rangka untuk membantu perekonomian masyarakat yang sedang terdampak akibat pandemi Covid-19 ini. Hal ini dilakukan dengan pengembangan pangan berbasis  sumber pangan lokal yang ada dan mudah ditemukan, salah satunya  bersumber dari buah pepaya dan pisang.

Pisang dan pepaya merupakan salah satu buah yang mudah ditemukan di Desa Loram Wetan Kecamatan Jati Kabupaten Kudus. Pemanfaatan pisang dan pepaya hanya terbatas untuk dikonsumsi segar tanpa diolah mejadi produk apapun. Tujuan dari program ini adalah menciptakan produk olahan dari pisang dan pepaya yang memiliki nilai jual dengan memberdayakan wanita Desa Loram dengan menggunakan marketing digital sehingga produk yang dihasilkan dapat membantu para wanita untuk menghasilkan tambahan pendapatan secara mandiri. Kegiatan Pelatihan Ekonomi Kreatif menggunakan Marketing Digital pada Kelompok Usaha Wanita Berbasis Diversifikasi Pangan Lokal di Desa Loram, Kec. Jati, Kab. Kudus dilakukan pada tanggal 12 Juli 2020 – 15 Agustus 2020 di Desa Loram Wetan.

 

Kata kunci — Marketing Digital, pangan lokal, Ibu-ibu PKK.

References

  1. Hantoro, M. R dan B. Mardiono. 2018. Eksplorasi desain kemasan berbahan bambu sebagai produk oleh-oleh premium dengan studi kasus produk makanan UKM Purnama Jati Jember. J. Sains dan Seni. 7 (1): 68-71.
  2. Rahman, A dan N. Vibriyanto. 2019. Pemberdayaan masyarakat melalui pelatihan pembuatan produk olahan buah nangka. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Kepada Masyarakat. Universias Islam Madura.
  3. Suyanti dan A. Supriyadi. 2008. Budidaya, Pengolaha dan Prospek Pasar Pisang. Penebar Swadaya, Jakarta..
  4. Suprapti, L. 2005. Aneka Olahan Pepaya Mentah dan Mengkal. Kanisius, Yogyakarta.
  5. Saugi, W dan Sumarno. 2015. Pemberdayaan perempuan melalui pelatihan pengolahan bahan pangan lokal. J. Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat. 2 (2): 226 – 238.

  1. Yoyok Budi Pramono  Scholar Food Science, Faculty of Animal Agricultural Sciences, Diponegoro University, Indonesia
    Food Science, Agricultural Department, Faculty of Animal Agricultural Sicences
  2. Hermin Werdiningsih  Program Studi Teknik Arsitektur, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  3. Yos Johan Utama  Program Studi Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia
  4. Nilam Rahmawati  Program Studi Agribisnis, FPP, Universitas Diponegoro, Semarang, Indonesia