DIVERSIFIKASI USAHA KELOMPOK TANI TERNAK SAPI PERAH TUNAS MUDA DESA KARANGNONGKO KECAMATAN MOJOSONGO KABUPATEN BOYOLALI

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-16
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN
Kegiatan pengabdian FPP Undip diselenggarakan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, ketrampilan dan pendapatan kelompok peternak sapiĀ  perah di masa pandemi. Pelaksanaan pengabdian dilakukan di KT Tunas Muda Desa Karangnongko, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, pada bulan April hingga Agustus 2020. Metode kegiatan pengabdian melalui 3 cara, yakni 1). Pendidikan dan penyuluhan, 2). Pelatihan dan 3). Pemberian bantuan peralatan yang menjadi kebutuhan kelompok. Pada akhir tahap kegiatan dilakukan evaluasi untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi kelompok dan anggotanya. Hasil kegiatan pengabdian menunjukkan semua anggota KT Tunas Muda sangat aktif dalam mengikuti setiap program kegiatan pendidikan dan penyuluhan maupun pelatihan. Pembuatan pakan konsentrat sapi perah dan pengolahan menjadi bentuk pelet telah dikuasai dengan baik. Pemberian bantuan mesin pellet telah meningkatkan ketrampilan anggota KT Tunas Muda dalam memproduksi pakan konsentrat dengan harga pakan konsentrat yang lebih rendah dibanding pakan konsentrat komersial. Pemberian sealing cup telah dimanfaatkan oleh ibu ibu KT dalam melakukan diversifikasi pengolahan produk susu dan minuman olahan. Simpulan kegiatan pengabdian adalah terjadinya peningkatan pengetahuan dan ketrampilan peternak dalam pembuatan pakan pelet konsentrat dan penghasilan keluarga.

References

  1. REFERENSI
  2. Prastiyo, S.E. dan T. Amalia. Revitalisasi program pembangunan jawa tengah untuk meningkatkan kesejahteraan petani. In Proc. Semnas BAPPEDA Jawa Tengah. 2017. Paper 3.17.p.534.
  3. Moordiani,R dan Widayani, S. Peran balai penyuluhan mendukung pembangunan pertanian di jawa tengah. In Proc. Semnas BAPPEDA Jawa Tengah. 2017. Paper 3.15.p.515
  4. Mukson, B. Mulyatno dan H. Setiyawan. Faktor pengembangan ketahanan pangan berbasis potensi sumberdaya ternak di jawa tengah. In Proc. Semnas BAPPEDA Jawa Tengah. 2017. Paper 3.5. p. 447
  5. Nuhriawangsa, A.M.P, L.R. Krtikasari, B.S. Hertanto, M. Cahyadi dan P.A. Pradana. Penerapan konsep system pertanian terpadu berbasis pengolahan limbah sebagai solusi keberlanjutan usaha kelompok tani dan tani. In Proc. Seminar Nasional Berkelanjutan 7. Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Sumedang 11 November 2015. P.619.
  6. Hadilinatih, B. Kebijakan pemberdayaan masyarakat dalam pembangunan pertanian berkelanjutan. Prosiding Seminar Nasional BAPPEDA Jawa Tengah. Inovasi dan Kreasi memajukan Jawa Tengah. Semarang 14-15 Desember 2017. p. 884-890.
  7. Budiati, L. Tata kelola percepatan penanggulangan kemiskinan di Jawa Tengah (Studi kasus Kota Semarang). Prosiding Seminar Nasional BAPPEDA Jawa Tengah. Inovasi dan Kreasi memajukan Jawa Tengah. Semarang 14-15 Desember 2017. Hal. 845-851
  8. Saenab,A., Nasruddin dan Mansur. Peluang pengelolaan system terpadu produk peternakan. In Proc. Seminar Nasional Berkelanjutan 7. Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran. Sumedang 11 November 2015. P.662.
  9. Nardone A, G Servas and B Ronchi. Sustainability of small ruminant organic system of production. Livestock Prod. Sci. 90: 27-39. 2004
  10. Pangestu, E., M. Christiyanto dan L.K. Nuswantara. Peningkatan ketrampilan peternak dalam pembuatan pakan konsentrat sapi perah di KT Tunas Muda Desa Karangnongko Kecamatan Mojosongo Kabupaten Boyolali. In Proc. Seminar Nasional Kolaborasi Pengabdian kepada Masyarakat Undip-Unnes 2019. P. 319.
  11. Yowono, D.M., Sherly Sisca P dan F.R. Prasetyo. Peran farmer empowerment throught agricultural technology and information (FEATI) dalam pemberdayaan petani untuk mendukung ketahanan pangan pada subsektor peternakan di jawa tengah. In Proc. Seminar Nasional Kebangkitan Peternakan. Program Magister Ilmu Ternak Fakultas Peternakan Universitas Diponegoro. Semarang 20 Mei 2009. P. 450-457.