Penyuluhan Internet Sehat Dan Pelatihan Aplikasi Parental Control Untuk Kader PKK Desa Jeruk Agung, Srumbung, Magelang

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-16
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Banyaknya pengguna internet di Indonesia mencapai 60%, hal ini tentu membawa dampak positif di beberapa aspek kehidupan. Selain itu, dampak negatif juga akan terasa apabila pengguna tidak menggunakannya dengan bijak. Terlebih para pengguna internet bukan lagi orang dewasa, melainkan anak-anak juga ikut menggunakannya. Pengabdian ini bertujuan untuk memberi bekal, terutama kepada orang tua dalam mendukung penggunaan gadget dan internet secara sehat dan aman. Sasaran dari pengabdian ini ialah kader PKK di Desa Jeruk Agung, Kecamatan Srubung, Kabupaten Magelang.  Pengabdian dilakukan dalam beberapa tahapan yaitu, survey pendahuluan, pelaksanaan, dan evaluasi kegiatan. Survey pendahuluan dilakukan dengan menyebar kuesioner, hasil kuesioner menunjukan 100% menyatakan bahwa satu atau lebih dari anggota keluarga menggunakan gadget, 88% orang tua memberikan akses gadget untuk anak dalam rentang waktu 0.5-1 jam per hari. Dari jumlah tersebut, 71% anak sering mengakses youtube. Materi pelatihan terdiri dari dua materi yaitu pendidikan anak di era digital dan pelatihan penggunaan aplikasi parental control. Sedangkan evaluasi dilakukan dengan kuesioner, hasil menunjukan bahwa 100% peserta mendapatkan pengetahuan baru. Sejumlah 88% peserta menyatakan materi memenuhi harapan mereka. Sementara itu, 93% peserta menyatakan materi ini bermanfaat. Dari segi waktu pelaksanaan pelatihan 82% menyatakan waktu telah sesuai. Berdasarkan hasil evaluasi maka kegiatan pengabdian masyarakat ini cukup berhasil.

References

  1. APJII, PENETRASI & PROFIL PERILAKU PENGGUNA INTERNET INDONESIA TAHUN 2018, Jakarta: APJII, 2019.
  2. Rahman. (2019) Okezone.com. [Online]. Available: https://cyberthreat.id/read/3457/Waspada-Korban-Cyberbullying-Tak-Pandang-Usia
  3. sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id. (2017) sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id. [Online]. Available: https://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=3860.

  1. Rismiyati Rismiyati  Departemen Ilmu Komputer/ Informatika Fakultas Sains dan Matematika Universitas Diponegoro
  2. Dinar Mutiara Kusuma Nugraheni 
  3. Eko Adi Sarwoko 
  4. Ragil Saputra 
  5. Edy Suharto