Pembuatan E- Commerce UKM Jamu di Semarang untuk Meningkatkan Kuantitas Produksi dan Pemasaran

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-13
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: EN

Jamu herbal saat ini menjadi minuman yang paling banyak di minati masyarakat ditambah lagi sejak terjadinya pandemi COVID-19, masyarakat lebih antusias terhadap minuman ini. Beberapa UKM Jamu di Semarang masih menggunakan cara-cara yang tradisional dalam memproduksi jamu maupun pemasarannya. Salah satu kunci keberhasilan usaha kecil dan menengah adalah tersedianya pasar yang jelas bagi produk UKM. Sementara itu kelemahan mendasar yang dihadapi UKM dalam bidang pemasaran adalah orientasi pasar rendah serta lemah dalam persaingan bisnis. Riset ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kuantitas produksi dan pemasaran beberapa UKM jamu yang ada di Semarang. Untuk meningkatkan pemasaran UKM Jamu salah satu caranya adalah pembuatan web E-Commerce sehingga masyarakat dapat melihat produk-produk yang dimiliki oleh UKM dalam sebuah website.

Pembuatan website dilakukan dengan 2 tahap yaitu frontend dan design. Frontend lebih fokus pada pembuatan antar muka website sedangkan design merupakan tahapan merancang grafik antar muka pengguna sebelum web di implementasikan. Pembuatan website UKM menggunakan platform bootstrap dan Adobe XD sehingga lebih mudah diimplementasikan. Website memuat informasi semua produk-produk yang dimiliki setiap UKM, alamat/lokasi serta nomor telepon.  

Hasil dari riset berupa web e-commerce diharapkan UKM Jamu di Semarang mendapatkan berbagai keuntungan dalam mempromosikan usahanya, mengakses informasi faktor-faktor produksi, melakukan transaksi usaha, serta melakukan komunikasi bisnis lainnya secara global, dalam rangka memperluas jaringan usahanya.

 

Kata kunci —E-commerce, UKM Jamu, Bootstrap, Frontend, Design.

References

  1. Morville, Peter, dan Louis Rosenfeld. 2007. Information Architecture for The World Wide Web. 3rd edition. Sebastopol, CA: O’Reilly Media, Inc.
  2. Trimarsiah, Yusita, dan Muhajir Arafat. 2017. Analisis dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan dan Komputer Akmi Baturaja. MATRIK, 19(1), 1-10.
  3. JavaCreatifity. 2014. Panduan Cerdas Membangun Website Super Keren. Elek Media Komputindo. Jakarta.
  4. Sommerville, Ian. 2016. Software Engineering. (10th edition). Harlow, Essex: Pearson Education Limited.
  5. Suman, R.S.Chhillar, A REVIEW: GUI
  6. TESTING. India: International Journal of
  7. Computer Science and Mobile Computing, 2014
  8. Franceschetti, D. R. 2018. Principles of Programming and Coding. Amenia: Grey House Publishing
  9. Wood, Bryan. 2019, Adobe XD CC Classroom in A Book, Adobe Press.
  10. Nuryanti, Peran E-Commerce untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah( UKM ), Jurnal Ekonomi, Volume 21, Nomor 4, Desember 2013
  11. Didi Achjari, Potensi Manfaat dan Problem di E-Commerce, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 2000, Vol. 15, No. 3, 388 - 395
  12. Shabur Miftah Maulana, Heru Susilo, Riyadi., Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjualan Online (Studi Kasus pada Toko Pabrik Kota Malang), Jurnal Administrasi Bisnis (JAB)|Vol. 29 No. 1 Desember 2015.
  13. JavaCreatifity. 2014. Panduan Cerdas Membangun Website Super Keren. Elek Media Komputindo. Jakarta.
  14. Franceschetti, D. R. 2018. Principles of Programming and Coding. Amenia: Grey House Publishing.
  15. https://code.visualstudio.com/docs/supporting/faq
  16. https://developers.google.com/web/tools/lighthouse?hl=id
  17. https://qwords.com/blog/apa-itu-bootstrap/