MENGEMBANGKAN PELUANG USAHA DALAM BERWIRAUSAHA SAAT PANDEMI COVID-19 PADA SEKOLAH MENENGAH ATAS DI KOTA SEMARANG

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-13
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: IND

Inovasi dan kreatifitas tidak dapat dilepaskan dari perilaku individu dalam menghadapi kondisi yang selalui berubah dengan cepat terutama dengan munculnya era digital 4.0. Pendidikan kewirausahaan bukan sekadar berdagang. Akan tetapi, kemampuan mengembangkan inovasi dan kreativitas agar mampu menciptakan dan mengembangkan produk yang belum ada di pasaran agar dapat menghasilkan suatu pendapatan.

Wirausaha merupakan alternatif pilihan yang tepat untuk mengatasi laju pengangguran, terutama di kalangan muda. Akan tetapi, besarnya Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) Lulusan Sekolah Menengah Atas, menunjukkan bahwa kurikulum kewirausahaan belum menjadi perhatian utama. Pelaksanaan program pelatihan Mengembangkan Peluang Usaha Dalam Berwirausaha Saat Pandemi Covid-19 pada Sekolah Menengah Atas di Kota Semarang merupakan salah satu bentuk kepedulian akan pentingnya menanamkan wawasan wirausaha di kalangan muda. Kegiatan dilaksanakan pada siswa SMAN 1 Semarang, secara daring melalui video conference Zoom dikarenakan kendala dengan kondisi pandemi Covid-19. Kegiatan ini diikuti oleh 40 Siswa SMAN 1 Semarang.  Tim pengabdian masyarakat dari Departemen Administrasi Bisnis berperan dalam memberikan materi untuk peningkatan motivasi berwirausaha untuk memanfaat peluang yang ada.

Melalui pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan mampu memberikan gambaran dan memotivasi kepada siswa SMA  yang memiliki keahlian  untuk memanfaatkan kebiasaan online selama ini dengan menghasilkan uang tanpa menghilangkan kegiatan yang disukai selama ini. Pelatihan kewirausahaan yang efektif diharapkan akan dapat menstimulasi terciptanya para wirausaha muda, demi peningkatan taraf perekonomian yang lebih baik.

References

  1. Agung Budiatmo  Universitas Diponegoro, Indonesia
  2. Dinalestari Purbawati  Universitas Diponegoro, Indonesia
  3. Sudharto Prawoto Hadi  Universitas Diponegoro, Indonesia
  4. Ari Pradhanawati  Universitas Diponegoro, Indonesia
  5. Sri Suryoko  Universitas Diponegoro, Indonesia
  6. Robetmi Jumpakita Pinem  Universitas Diponegoro, Indonesia