PENGEMBANGAN JIWA WIRAUSAHA DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL DI MASA PANDEMI COVID19 PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) 1 MUHAMMADIYAH KABUPATEN WONOSOBO

Open Access
Article Info
Submitted: 2020-09-12
Published: 2020-12-11
Section: Articles
Language: IND

Kewirausahaan merupakan salah satu dimensi penting dalam membentuk jiwa pemuda Indonesia, disamping jiwa kepemimpinan dan kepeloporan. Pelatihan kewirausahaan pemuda bertujuan untuk mengembangkan potensi keterampilan pemuda serta kemandirian dalam berusaha.  Pandemi covid-19 telah banyak merubah aspek kehidupan. Teknologi digital menjadi satu kebutuhan di era pandemi covid-19. Program pelatihan menggunakan media sosial sebagai alat untuk berwirausaha, sehingga dapat menghasilkan pendapatan. Kegiatan ini diharapkan nantinya memberikan gambaran tentang peluang dan memberikan semangat untuk siswa SMK dalam berwirausaha.

Program pelatihan diberikan kepada siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) 1 Muhammadiyah Kabupaten Wonosobo dilaksanakan secara daring live melalui Instagram karena terkendala dengan kondisi pandemi covid-19.  Kegiatan ini diikuti oleh 37 Siswa SMK Muhammadiyah 1 Wonosonbo.

Pelatihan kewirausahaan ini diharapkan dapat membuka mindset serta memotivasi siswa SMK Muhammadiayah 1 Wonosobo untuk dapat memanfaatkan peluang dan menghasilkan pendapatan dari kegiatan – kegiatan sederhana yang telah biasa mereka kerjakan. Siswa dapat mengeksekusi ide bisnis yang telah mereka pikirkan, karena bisnis tidak hanya dipikirkan, akan tetapi dijalankan. Pelatihan kewirausahaan yang efektif diharapkan akan dapat menstimulasi terciptanya para wirausaha muda, demi peningkatan taraf perekonomian yang lebih baik.

References

  1. Dinalestari Purbawati  Universitas Diponegoro, Indonesia
  2. Robetmi Jumpakita Pinem  Universitas Diponegoro, Indonesia
  3. Sudharto Prawoto Hadi  Universitas Diponegoro, Indonesia
  4. Ari Pradhanawati  Universitas Diponegoro, Indonesia
  5. Sri Suryoko  Universitas Diponegoro, Indonesia