PENINGKATAN PRODUKTIVITAS DAN MUTU PRODUK POKLAHSAR PENGOLAH KERUPUK IKAN DI KOTA TEGAL DENGAN TEKNOLOGI TEPAT GUNA

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-12-01
Published: 2020-06-12
Section: Articles
Language: EN

Kota Tegal memiliki slogan Kota Bahari, sehingga tersedia cukup banyak sumberdaya untuk industri pengolahan ikan. Diantara industri pengolahan ikan tersebut, Poklahsar (Kelompok pengolah dan pemasar) Lumba-lumba di Kelurahan Muarareja, Kecamatan Tegal Barat dan Poklahsar Sukses di Kelurahan Mintaragen, Kecamatan Tegal Timur adalah unit pengolahan ikan yang memproduksi kerupuk ikan. Introduksi teknologi tepat guna berupa alat pencetak adonan dan mesin pemotong kerupuk kepada kedua Poklahasar tersebut diharapkan dapat meningkatkan produktivitas dan mutu produk yang dihasilkan. Alat pencetak adonan kerupuk dan alat pemotong kerupuk yang telah dioperasikan telah dapat membuat bentuk dan kepadatan cetakan adonan menjadi lebih seragam serta bentuk dan ukuran kerupuk yang dihasilkan lebih seragam. Dengan mengimplementasikan alat pencetak adonan, Poklahsar Sukses juga dapat mempercepat proses pencetakan adonan kerupuk dari 15 menit menjadi 2,5 menit. Sedangkan pada Poklahsar Lumba-lumba dapat mempercepat proses pemotongan kerupuk dari 2,4 jam menjadi 4 menit. Omset Poklahsar Sukses meningkat 2x lipat, sedangkan omset Poklahsar Lumba-lumba meningkat 75%.

References

  1. Adawyah, R. 2007. Pengolahan dan Pengawetan Ikan. PT Bumi Aksara. Jakarta.
  2. Badan Standarisasi Nasional. 2009. Standar Nasional Indonesia (SNI) No. 2713.1:2009 tentang Kerupuk Ikan. Jakarta.
  3. Haryanto, A., Kurniawan, Y.R., dan Agustina, W. 2014. Peran Teknologi Tepat Guna pada Pengembangan UKM, Studi Kasus: Implementasi Mesin Pencetak Kerupuk pada UKM Kerupuk Terung Merk Baraya di Kota Tegal. Prosiding Konferensi dan Seminar Nasional Teknologi Tepat Guna Tahun 2014, 467-478.
  4. Herlina, F. dan Rizani, A. 2013. Rancang Bangun Alat Pemotong Bahan Kerupuk Ubi Kayu. Info Teknik, 14(1):15-25.
  5. Koswara, S. 2009. Pengolahan Aneka Kerupuk. Eboopangan.com. Diakses tanggal 10 September 2017.
  6. Septiana, A.T., Rukmini, H.S., dan Sujiman. 2012. Pengaruh Penambahan Rumput Laut Eucheuma cottonii pada Berbagai Proporsi Daging Ikan Tenggiri terhadap Derajad Pengembangan dan Kerenyahan Kerupuk Ikan Tenggiri. Prosiding Seminar Nasional Peran Pertanian dalam Menunjang Ketahanan Pangan dan Energi untuk Memperkuat Ekonomi Nasional Berbasis Sumber Daya Lokal, Fakultas Pertanian Universitas Soedirman.
  7. www.tegalkota.go.id. Diakses tanggal 10 September 2017.