Peningkatan Nilai Ekonomi Jagung dengan Diversifikasi Olahan Pangan Berbasis Jagung di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-12-01
Published: 2020-06-12
Section: Articles
Language: EN
Permasalahan utama di Kecamatan Lebaksiu Kabupaten Tegal khususnya di Desa Kesuben adalah keadaan ekonomi masyarakat yang masih rendah, rendahnya tingkat pengetahuan masyarakat terkait potesi desa serta kurangnya minat masyarakat dalam menggali potensi pangan lokal diwilayahnya. Tingginya produksi pangan local seperti jagung di Desa Kesuben seharusnya dapat dimanfaatkan secara optimal dan tidak hanya dijual dalam keadaan mentah. Oleh sebab itu upaya memberikan pengetahuan dan keahlian dasar di bidang pengolahan jagung sangat diperlukan masyarakat di Desa Kesuben. Pengabdian ini bertujuan untuk memberi pelatihan dan pendampingan teknik pengolahan jagung menjadi produk pudding, bolu dan yoghurt sehingga diharapkan dapat menjadi produk ciri khas Desa Kesuben dan meningkatkan perekonomian masyarakat. Metode pelaksanaan yang dilakukan dalam kegiatan ini adalah : (1) identifikasi permasalahan dan potensi di Desa Kesuben (2) Penyuluhan tentang kandungan gizi dan manfaat jagung bagi kesehatan (3) pelatihan pembuatan puding, bolu dan yoghurt jagung. Hasil dari kegiatan adalah meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan masyarakat, dan terciptanya produk olahan jagung sehingga diharapkan produk ini dapat berpotensi sebagai usaha industri kecil skala rumah tangga sebagai diversifikasi olahan jagung.

References

  1. E. T. Nuss and S. A. Tanumihardjo. Maize: a paramount staple crop in the context of global nutrition. Comprehensive Reviews in Food Science and Food Safety. 9 (4): 417-436. 2010.
  2. K. Aydinsakir, S. Erdal, D. Buyuktas, R. Bastug and R. Toker. The influence of regular deficit irrigation applications on water use, yield, and quality components of two corn (Zea mays L.) genotypes. Agricultural Water Management. 128: 65-71. 2013.
  3. I. Ullah, M. Ali and A. Farooqi. Chemical and nutritional properties of some maize (Zea mays L.) varieties grown in NWFP, Pakistan. Pakistan journal of Nutrition. 9 (11): 1113-1117. 2010.
  4. S. Jayaram, S. Kapoor and S. M. Dharmesh. Pectic polysaccharide from corn (Zea mays L.) effectively inhibited multi-step mediated cancer cell growth and metastasis. Chemico-biological Interactions. 235: 63-75. 2015.
  5. Agato dan Narsih. Pengembangan hasil pertanian (jagung) menjadi produk susu jagung dan kerupuk jagung. Jurnal Teknologi Pangan. 2 (1): 86-94. 2011
  6. R. Wahyuni, D. Utomo, C. Novia dan Syaiful. Peningkatan nilai ekonomis wortel kualitas afkir menjadi krupuk dan dodol. Cyber Techn. 9 (2) : 53-57. 2015.