Pendampingan Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue (DBD) pada Kelompok PKK di Kecamatan Banyumanik

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-30
Published: 2020-06-12
Section: Articles
Language: EN
DBD di Kota Semarang merupakan masalah kesehatan di daerah yang endemis, salah satunya adalah Kecamatan Banyumanik. Berbagai metode pengendalian DBD telah dikembangkan, namun umumnya pengendalian yang dilakukan kurang optimal. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan pelatihan pengendalian vektor DBD kepada kelompok PKK Kecamatan Banyumanik. Tahapan pelatihan yang dilakukan antara lain memberikan pelatihan kepada komunitas melalui pertemuan rutin PKK sebagai upaya mengimplementasikan pengendalian vektor DBD, mengenalkan teknik pengendalian vektor DBD, mengenalkan program jumantik, melakukan aksi bersama melakukan pengendalian vektor DBD di lingkungannya dan membangun komitmen untuk melaksanakan PSN rutin. Target luaran yang dihasilkan adalah peningkatan pemahaman kelompok PKK terhadap pencegahan penyakit DBD dengan melalui pengenalan teknik pencegahan dan praktik pengendalian berupa PSN di lingkungan masyarakat. Diharapkan dengan peningkatan pemahaman ini akan terbentuk sikap dan praktik pengendalian DBD di masyarakat.

References

  1. Sucipto, Pramudiyo T, Raharjo, Mursid, Nurjazuli. Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kejadian Penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Jenis Serotipe Virus Dengue di Kabupaten Semarang ,Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 2015, vol. 14 no. 2 : 51.
  2. Putri, Tika Adelia, “Hubungan Kondisi Lingkungan Fisik, Praktik Keluarga dan Individu terhadap Kejadian Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kota Semarang Barat,” skripsi, Universitas Diponegoro. 2018.
  3. Dinas Kesehatan Kota Semarang. Profil Kesehatan Kota Semarang 2017. Dinas Kesehatan Kota Semarang, 2018.
  4. Trapsilowati, Wiwik Mardihusodo,Sugeng J, Prabandari, Yayi S, Mardikanto, Totok., Pengembangan Metode Pemberdayaan Masyarakat Dalam Pengendalian Vektor Demam Berdarah Dengue Di Kota Semarang Provinsi Jawa Tengah (Developing Community Empowerment for Dengue Hemorrhagic Fever Vector Control in Semarang City, Central Java Province), Vektora, 2015, vol 7 no 1 :15-22.
  5. Pujiyanti, Aryani, Trapsilowati, Wiwik., Pelatihan Kader Dalam Pengelolaan Kegiatan Pemberantasan Sarang Nyamuk di Kota Semarang, Vektora, 2016, vol 8 no 2: 91 – 98.
  6. Kementerian Kesehatan RI. Permenkes No 45/2014 tentang Penyelenggaraan Surveilans Kesehatan, 2014.

  1. Martini Martini  Bagian Epidemiologi dan Penyakit Tropik, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Diponegoro, Semarang