Penguatan Pengelolaan Keuangan Santri Di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin Gunungpati, Semarang

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-30
Published: 2020-06-12
Section: Articles
Language: EN
Riyadlus Sholihin Al Islamy merupakan salah satu pondok pesantren dan panti asuhan di Desa Bibis RT.01/02 Kelurahan Ngijo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Berdasarkan hasil observasi, kebanyakan dari para santri belum mampu memanfaatkan keuangan pribadi yang diperolehnya secara optimal. Minimnya pengetahuan manajemen keuangan pribadi menjadi salah satu faktor penyebab hal tersebut. Oleh karena itu, diperlukan adanya pelatihan dan pendampingan manajemen keuangan pribadi bagi para santri agar dapat mengelola keuangan secara mandiri, mengingat harapan dari pondok pesantren dan panti asuhan ini adalah para santri dapat memanfaatkan ilmu agama ketika terjun di masyarakat, sebagai pelengkap para santri diharapkan memiliki kecerdasan secara finansial untuk mengelola keuangan pribadi dan dalam lingkup keluarga. Maka, fokus pengabdian adalah para santri di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar para santri dapat mengetahui dan melakukan manajemen keuangan pribadi secara mandiri dengan baik. Peserta kegiatan ini adalah para santri di Pondok Pesantren Riyadlus Sholihin yang berjumlah sekitar 40 orang. Prosedur pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan penyampaian materi tentang manajemen keuangan pribadi para santri dan praktek mengelola keuangan pribadi. Simpulan dalam pengabdian ini para santri antusias untuk melakukan manajemen keuangan pribadi. Saran dalam pengabdian ini agar santri lebih teliti dalam mengelola keuangan pribadi dengan membuat catatan keuangan pribadi.

References

  1. Chomaria, Nurul. 2015. Cerdas Finansial Ala Keluarga Muslim. Jakarta: PT Elex Media Komputindo
  2. MDI News No. 234/XXIII/Januari 2017. Prinsip Dasar Mengelola Keuangan Pribadi. (Online). Diakses melalui laman: https://www.mditack.co.id/2017/08/07/prinsip-dasar-mengelola-keuangan-pribadi/,18 Juni 2019.
  3. Pesantren. Diakses di laman: https://id.m.wikipedia.org/wiki/Pesantren.
  4. Thomas, Partono. 2012. Dasar Manajemen Keuangan (Teori dan Penerapan). Semarang: Pendikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Unnes.