Implementasi Dan Pendampingan Manajemen Industri UMKM Gapit Di Desa Ngembal Rejo Kecamatan Bae Kabupaten Kudus

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-29
Published: 2020-06-12
Section: Articles
Language: ID
Pelaksanaan PKM ini adalah sebagai upaya pengembangan UMKM produk gapit di Desa Ngembalrejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus melalui perbaikan manajemen industri guna penyelesaian permasalahan mitra. Mitra yang dimaksud adalah Azkia Gapit Wijen dengan pemilik bernama Bu Siti Masruroh, yang berlokasi di Desa Ngembal Rejo, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Perbaikan manajemen industri mitra meliputi aspek legalitas, aspek produksi dan aspek pemasaran. Metode yang digunakan adalah pendampingan, pelatihan dan sosialisasi. Capaian yang diperoleh dari PKM ini 1) dari aspek legalitas usaha adalah diperolehnya ijin usaha berupa IUMK dan PIRT bagi mitra; 2) dari aspek produksi adalah bertambahnya varian produk yang diproduksi mitra dengan memanfaatkan bahan pangan yang halal dan umum terdapat di pasaran; serta adanya penerapan teknologi tepat guna melalui hibah yang diberikan berupa alat produksi mitra dengan diberkannya 1 set kompor pencetak gapit; 3) dari aspek pemasaran adalah bertambahnya pengetahuan mitra atas labelling dan packaging yang lebih menjual, serta meluasnya pangsa pasar melalui pemasaran online.

References

  1. Mia Ajeng, A. 2018. “Analisis Potensi Risiko UMKM Di Kabupaten Kudus.” Jurnal Manajemen dan Bisnis Media Ekonomi. Vol. XVIII. No. 2. Juli 2018.
  2. Mia Ajeng, A. 2018. Modul Potensi Risiko UMKM.
  3. Mia Ajeng A. 2018. “Pengembangan UMKM Madumongso Melalui Manajemen Usaha Dan Legalitas Usaha” Proceeding SNK-PPM Vol. 1 No. 1. Hhal. 108-113.
  4. Mia Ajeng, A. (2018). “Peningkatan Pendapatan Rumah Tangga Melalui Pemberdayaan Ibu-Ibu PKK di Kota Kudus.” Journal of Dedicators Community. Vol. 2. No. 2. Hal. 83-90.
  5. Kementrian Negara Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Menegkop dan UKM), tentang definisi UMKM.
  6. Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2008 tentang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah.

  1. Mia Ajeng Alifiana  Orcid Scholar Universitas Muria Kudus, Indonesia
    Mia Ajeng Alifiana, SE, MBA
    Program Studi Manajemen
    Fakultas Ekonomi dan Bisnis
    Universitas Muria Kudus