Pelatihan dan Pendampingan Menuju Peningkatan Usaha & Kemandirian UMKM dii Kelurahan Kalisegoro

Open Access
Article Info
Submitted: 2019-11-29
Published: 2020-06-12
Section: Articles
Language: EN
Usaha mikro,  kecil, dan menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam perekonomian masyarakat Indonesia. Usaha Mikro,Kecil dan Menengah (UMKM) sebagai perwujudan konkret ekonomi rakyat strategis untuk dikembangkan karena sektor ini mampu menyediakan lapangan kerja yang mampu menyerap tenaga kerja yang cukup tinggi. Usaha Kecil di Kelurahan Kalisegoro yang sedang berkembang ada banyak, diantaranya yaitu usaha catering, warung makan, pengembangbiakan lele dan usaha jamu serta usaha jasa pijat sangat potensial untuk dikembangkan dan dibina karena usaha mereka memiliki kendala diantaranya kelemahan SDM, minimnya jaringan pemasaran serta akses modal. Tujuan dari program pengabdian ini adalah untuk memberikan pemahaman dan peningkatan keahlian bagi para pelaku usaha serta calon pengusaha di Kelurahan Kalisegoro Gunungpati Kota Semarang. Berdasarkan analisis sistuasi dan permasalahan yang dihadapi oleh mitra yaitu Usaha Kecil di Kelurahan Kalisegoro, maka solusi yang ditawarkan adalah dengan memberikan “Pelatihan dan Pendampingan Secara Komprehensif Menuju Kemajuan Usaha dan Kemandirian Usaha” melalui program pelatihan, praktik serta pendampingan. Hasil dari kegiatan ini adalah peserta memahami berbagai hal terkait dengan pengembangan usaha kecil yaitu: Strategi mengenali kebutuhan pelanggan, Strategi peningkatan kualitas produk, Strategi pengemasan dan display produk, Strategi penetapan harga jual, Strategi promosi dan branding dan tata cara pembukuan/akutansi sederhana.

References

  1. Asmara, Anjal Anie. “Pola Pemasaran Yang Efektif Untuk UKM.” Makalah disampaikan pada Seminar UKM Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global, Yogyakarta, 2 Oktober 2004.
  2. Endang, Sri Nuryani. “Peran Pemerintah Dalam Pengembangan UKM Menghadapi Pasar Global.” Makalah disampaikan pada Seminar UKM Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global, Yogyakarta, 2 Oktober 2004.
  3. Jurnal Koperasi & UMKM, Tabloid kerjasama Bisnis Indonesia dengan kementrian Negara Koperasi dan UMKM, edisi VI/ Oktober 2008.
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil.
  5. Widodo, Tri. “Strategi Pengolahan Sumber Modal UKM.” Makalah Disampaikan pada Seminar UKM Strategi Pengembangan Usaha Kecil Menengah Dalam Rangka Menghadapi Persaingan Global, Yogyakarta, 2 Oktober 2004.

  1. Badingatus Solikhah  Scholar Universitas Negeri Semarang, Indonesia
  2. Subowo Subowo 
  3. Agus Wahyudin