Implementasi P4T Alam Administrasi Pertanahan

Open Access
Article Info
Submitted: 2021-12-09
Published: 2021-12-10
Section: Articles

Pembangunan berkelanjutan tidak akan mewujud tanpa adanya perencanaan yang baik. Pemetaan partisipatif yang menyeluruh terhadap Informasi Penguasaan, Pemilikan, Penggunaan dan Pemanfaatan Tanah  (P4T) yang baik dapat menjadi data awal implementasi administrasi pertanahan yang berkelanjutan.

Kantor Pertanahan Kabupaten Tolitoli melaksanakan kegiatan P4T sebagai perancangan basis data pertanahan yang dapat dikelola dan dikembangkan sebagai acuan terhadap perencanaan pengembangan daerah, baik dalam lingkup desa atau kelurahan. Pada 2021 hasil kegiatan P4T mulai dikembangkan dan dipublikasikan kedalam bentuk digital yang dapat diakses oleh pemerintah daerah, instansi terkait maupun masyarakat luas.

Saat ini telah terbangun peta Sistem Informasi Geografis berbasis mobile dan web, serta dalam bentuk infografis poster (atlas pertanahan) yang memuat hasil dan analisa informasi P4T dalam satu kecamatan, yaitu kecamatan Baolan Kabupaten Tolitoli Provinsi Sulawesi Tengah.

References

  1. Abidin, Hasanuddin Z. 2007. Penentuan Posisi dengan GPS dan Aplikasinya. Jakarta : PT Pradnya Paramita.
  2. Prahasta, Eddy. 2005. Konsep-konsep Dasar Sistem Informasi Geografis. Bandung : Informatika Bandung.
  3. Riyanto. 2010. Sistem Informasi Geografis Berbasis Mobile. Yogyakarta: Gava Media.
  4. Andikasani, Muhammad Rifqi dkk., 2014, Aplikasi Persebaran Objek Wisata Di Kota Semarang Berbasis Mobile Gis Memanfaatkan Smartphone Android, Skripsi, Teknik Geodesi, Univ. Diponegoro, Semarang.

  1. Muhammad Rifqi Andikasani  Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Provinsi Sulawesi Tengah
  2. Sesotya Ariani  Kantor Pertanahan Kabupaten Tolitoli